Secara Mandiri, Masyarakat Latondu Selamatkan Penyu Yang Tidak Sengaja Tersangkut Jaring

Selasa, 08 Februari 2022

Desa Latondu, 8 Februari 2022 - Pak Kalla dan Pak Nuhung yang merupakan nelayan asal Desa Latondu menemukan seekor penyu di jaring miliknya ketika sedang melaut, Minggu (6/2). Jaring ini biasa mereka gunakan untuk menangkap ikan, namun penyu malang ini tidak sengaja terperangkap di jaring tersebut. Penyu hijau remaja dengan ukuran kerapas kira-kira 30 cm ini ditemukan terperangkap jaring di sekitar perairan antara Pulau Latondu Kecil dan Pulau Latondu Besar.

Dengan kesadaran dan sukarela, Pak Kalla dan Pak Nuhung melakukan tindakan penyelamatan terhadap penyu malang ini. Mereka melepaskan penyu ini dari jaring kemudian memeriksa kesehatan penyu. Ketika mereka telah memastikan penyu tersebut dalam keadaan sehat mereka kemudian melepasliarkannya ke laut. Saat melakukan pelepasliaran, tidak lupa mereka mendokumentasikannya sebagai bahan laporan kepada petugas Balai TN Taka Bonerate. Dalam video yang mereka bagikan ke petugas, mereka terlihat sangat senang bisa melakukan penyelamatan dan pelepasliaran penyu tersebut.

Kesadaran dan kemandirian Pak Kalla dan Pak Nuhung dalam melakukan penyelamatan satwa merupakan kabar yang baik bagi upaya konservasi penyu di TN Taka Bonerate. Semoga semakin banyak masyarakat yang memiliki kesadaran akan pentingnya menyelamatkan penyu.

Sumber: Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini