Balai KSDA Bengkulu Dan Tim Gabungan Tebang Ribuan Batang Sawit Di Cagar Alam

Sabtu, 29 Juli 2017

Bengkulu – 29 Juli 2017. Untuk mewujudkan spirit KSDAE Kembali ke lapangan, Balai KSDA Bengkulu bersama Tim Gabungan melakukan pemusnahan 1.143 batang sawit di Cagar Alam Air Seblat dan Air Rami, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Tim gabungan terdiri dari Ditjen Gakkum, kepolisian daerah, TNI, serta unsur pemerintah daerah. Operasi gabungan dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 26 – 28 Juli 2017. Tak kurang dari 20 hektar kawasan konservasi telah berhasil dikuasai kembali.

Kegiatan operasi gabungan ini juga merupakan salah satu strategi yang ditempuh Balai KSDA Bengkulu untuk menangani permasalahan keterlanjuran pemanfaatan kawasan non-prosedural. Alih fungsi kawasan konservasi menjadi perkebunan sawit merupakan salah satu bentuk pemanfaatan kawasan secara ilegal yang banyak terjadi di Povinsi Bengkulu, terutama di kawasan Bengkulu Bagian Utara.

Selanjutnya, Balai KSDA Bengkulu akan melakukan restorasi ekosistem di lokasi pemusnahan tanaman sawit ini. Kegiatan pemulihan ekosistem merupakan tahapan penting untuk mengembalikan fungsi ekologi kawasan sebagai habitat dari berbagai jenis flora dan fauna khas hutan hujan dataran rendah dan ekosistem pantai.

Sumber Info : Balai KSDA Bengkulu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini