Evakuasi Trenggiling Hasil Laporan Call Center BBKSDA Riau

Rabu, 02 Februari 2022

Pekanbaru, 3 Februari 2022 - Resort Kerumutan Selatan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama anggota Resort Siambul Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dan Staf Kesbang Pol Kab. Inhu melakukan evakuasi satwa trenggiling di Desa Rantau Langsat, Kec. Siambul, Kab. Inhu, Senin (31/1).

Evakuasi berawal dari laporan Kasi Kesra Desa Rantau Langsat kepada Call Center Balai Besar KSDA Riau tentang temuan dua ekor trenggiling oleh masyarakat. Laporan tersebut ditindaklanjuti Seksi Wilayah I yang menurunkan Tim Resort Kerumutan Selatan dan berkoordinasi dengan anggota Polhut Resort Siambul Balai TNBT serta Kasi Kesra Desa Rantau Langsat.

Tim gabungan bersama sama menemui Pemangku Adat dan Ketua Pemuda setempat untuk memantau satwa trenggiling dimaksud. Ternyata satu ekor satwa trenggiling (Indukan) telah mati dua hari sebelumnya dan dikuburkan oleh Ketua Pemangku adat di belakang rumahnya. Tim melakukan pembongkaran di mana satwa trenggiling dikuburkan. Tim menemukan bangkai satwa trenggiling yang sudah membusuk, sedangkan sisiknya diamankan oleh Ketua Pemangku Adat untuk diserahkan.

Satu ekor anak satwa trenggiling yang masih hidup dilakukan serah terima satwa dari Kasi Kesra ke Tim Balai Besar KSDA Riau yang disaksikan Ketua Pemangku Adat dan Staf Kesbang Pol Kab. Inhu serta anggota Resort Siambul Balai TNBT. Tak lupa Tim bersama Staf Kesbang Pol Inhu melakukan sosialisasi dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan penangkapan, perburuan, memiliki dan memperdagangkan satwa liar yang dilindungi oleh undang-undang (tanpa dokumen yang sah) termasuk satwa liar Trenggiling. Tim meminta untuk terus berkoordinasi dengan Balai Besar KSDA Riau terkait satwa liar yang dilindungi.

Saat ini satu ekor anak satwa Trenggiling berada di kantor Bidang KSDA Wilayah I Rengat sebelum diserahkan ke Balai Besar KSDA Riau di Pekanbaru untuk observasi lebih lanjut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

[Teks : DI, Foto : Tim admin BBKSDARIAU |022022]

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini