BBTNLL Resmikan Rumah Adat ‘Lobo’ dan Gerai Produk Desa Marena

Rabu, 26 Januari 2022

Kepala Balai Besar TN Lore Lindu, Ir Jusman bersama perwakilan Bupati Sigi menggunting pita dalam peresmian Rumah Adat ‘ Lobo’ dan Gerai Produk Desa Marena

Sigi, 26 Januari 2022. Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) meresmikan rumah adat masyarakat Marena atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Lobo’ dan Gerai Produk di Desa Marena, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Minggu (22/1). Bupati Sigi yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sigi turut hadir yang disuguhkan dengan Tarian 'Rego' sebuah tarian khas adat Kulawi sebagai bentuk penghormatan, yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kerbau sebagai ucapan rasa syukur masyarakat Marena. Peresmian Gerai Produk Marena ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Ir. Jusman selaku Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu. 

Gerai Produk Marena merupakan wujud nyata sebuah kolaborasi antara Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dengan Pemerintah Desa Marena yang diberikan kepada Kelompok Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Marena untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat serta terwujudnya Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera. Kelompok MHA Marena selama ini telah berhasil memproduksi kurang lebih 450 buah minuman herbal 'Sarabba' dan 100 buah produk kerajinan anyaman rotan dalam 4 kali proses produksi sejak akhir tahun 2021.

Kepala BBTNLL dan perwakilan Bupati Sigi meninjau langsung Produk-produk yang ditampilkan pada Gerai Produk Desa Marena

Dalam sambutannya, Ir. Jusman menyampaikan bahwa pondasi dalam membangun suatu kerjasama dan kolaborasi antara BBTNLL sebagai pengelola dengan masyarakat sekitar kawasan  dengan adanya 3M, yakni (1) Mutual Respect (saling menghormati/menghargai), (2) Mutual Trust (saling mempercayai) dan (3) Mutual Benefit (saling memberikan manfaat). Selanjutnya, rombongan Bupati Sigi dan Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu juga berkesempatan untuk meninjau secara langsung produk-produk yang telah dihasilkan oleh Kelompok MHA Marena.

Bupati Sigi menyampaikan siap memfasilitasi pengurusan ijin Pangan Industri Rumah Tangga dan Sertifikat Halal bagi produk minuman herbal 'Sarabba' Marena agar produk-produk ini kedepannya dapat dipasarkan di Ritel-ritel Modern seperti BNS, Alfamidi, hingga Matahari. Diakhir acara peresmian ini, Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dan perwakilan Bupati Sigi berkesempatan menikmati minuman herbal 'Sarabba' Marena di lokasi taman dan rumah payung yang dibangun tepat di samping Gerai Produk Desa Marena.

Sumber : I Made Arya Murtiyasa - Polhut Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Gimpu Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini