Tak Sengaja Tersangkut Jaring, Nelayan Serahkan Penyu Hijau Temuannya ke Petugas Resort Lantigiang

Rabu, 26 Januari 2022

Jinato, 26 Januari 2022 - Selama dua hari berturut-turut, 2 (dua) ekor Penyu Hijau diserahkan nelayan kepada petugas di Resort Lantigiang Balai Taman Nasional Takabonerate. Penyu ini keduanya ditemukan oleh nelayan yang sedang beraktivitas mencari ikan di perairan Pulau Jinato.

Penyu pertama ditemukan nelayan bernama Pak Tasun warga Desa Jinato yang secara tidak sengaja tersangkut/terjerat jaring miliknya ketika sedang mencari ikan (23/01/2022). Penyu tersebut kemudian diserahkan ke petugas Resort Lantigiang untuk dilakukan pemeriksaan dan pendataan ukuran, jenis, dan kondisi kesehatan. Setelah dilakukan pendataan diketahui, bahwa penyu merupakan jenis Penyu Hijau, memiliki ukuran panjang karapas 40 cm dan lebar 38 cm, serta kondisi kesehatan yang baik dan tidak ditemukan luka atau cacat. Setelah dipastikan dalam kondisi baik, akhirnya petugas melakukan pelepasliaran penyu tersebut di pantai sebelah timur Pulau Jinato.

Keesokan harinya, kembali ditemukan seekor penyu terjerat tali di sebelah Barat Pulau Jinato oleh nelayan bernama Pak Kadir yang juga sedang melakukan aktivitas di laut. Penyu kemudian diserahkan ke petugas Resort Lantigiang untuk dilakukan pemeriksaan dan pendataan. Penyu ini diidentifikasi juga merupakan jenis Penyu Hijau dengan ukuran yang hampir sama dengan ukuran penyu yang ditemukan sehari sebelumnya, yaitu panjang karapas 43 cm dan lebar 40 cm. Penyu dalam kondisi sehat dan tidak ditemukan luka, sehingga petugas bergegas melakukan pelepasliaran di pantai sebelah timur Pulau Jinato.

Dari dua kejadian ini, kita patut bersyukur karena masyarakat sudah semakin sadar bahwa penyu merupakan satwa yang harus dilindungi dan dilestarikan demi menjaga keseimbangan ekosistem laut. Semoga penyu-penyu ini dapat bertahan hidup dan tumbuh menjadi penyu dewasa.

 

Sumber : Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini