BBTNGGP dan BBKSDA Jabar Menerima Sepasang Ular Bido

Selasa, 25 Januari 2022

Cibodas, 25 Januari 2022. Kesadaran masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk menyelamatkan satwa liar khususnya satwa dilindungi semakin meningkat. Setelah sebelumnya dilakukan penyelamatan lutung dan kukang jawa, kali ini Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam  Jawa Barat (BBKSDA Jabar) menerima penyerahan sepasang elang ular bido (Spilornis cheela) dari Anggota DPRD Kabupaten Cianjur, Prasetyo Harsanto, M.M. yang sebelumnya berhasil beliau selamatkan. Satwa diserahkan kepada BBKSDA Jawa Barat yang di fasilitasi oleh BBTNGGP, di Kantor Balai Besar TNGGP pada Selasa (25/1/2022). Sepasang elang tersebut diperkirakan berumur sekitar 3 tahun.

Elang Ular Bido termasuk jenis satwa yang dilindungi sebagaimana diatur dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106/MENLHK/SEKJEN/KUM.1/12/2018. Dalam Konvensi Perdagangan Internasional Tumbuhan dan Satwa Liar Terancam Punah (CITES), jenis elang tersebut termasuk dalam kategori Appendix II CITES. International Union for Conservation of Nature (IUCN) menetapkan status elang ular bido sebagai Least Concern (risiko rendah).

Prasetyo Harsanto, M.M., memiliki perhatian lebih terhadap lingkungan dan terus berupaya untuk menyelamatkan satwa dilindungi. Pada kesempatan ini juga beliau menyampaikan bersedia dan siap membantu untuk melakukan sosialiasi terkait program-program kehutanan khususnya konservasi sumber daya alam. Pihak Balai Besar KSDA Jawa Barat juga menyampaikan apresiasi serta akan langsung menindaklanjuti hasil penyelamatan satwa hari ini (25/1).

Plt. Kepala Balai Besar TNGGP, Wasja, S.H., pun turut menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas tindakan penyelamatan satwa dilindungi. Harapannya dengan adanya kegiatan penyelamatan satwa ini, sinergitas antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan khususnya BBTNGGP dan BBKSDA Jabar dapat terjalin lebih baik dan intens lagi.

Sumber : Sisca Widiya A - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dok : Tim Publikasi BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini