Penyelamatan Satwa Penyu Hijau di Desa Jinato

Jumat, 14 Januari 2022

Jinato, 14 Januari 2022. Sekitar pukul 20.00 WITA, Rabu (12/1) Petugas Resort Lantigiang, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Jinato, Balai Taman Nasional Taka Bonerate menerima laporan dari masyarakat mengenai adanya penyu dewasa yang terlilit sampah tali di pantai sebelah Utara Pulau Jinato. Petugas pun bergegas ke lokasi guna melakukan penyelamatan.

Setibanya di lokasi, petugas langsung melepaskan penyu dari lilitan tali dan membawa penyu tersebut ke Resort Lantigiang untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatan.  Di kantor resort, petugas melakukan pengecekan kondisi kesehatan dan pengambilan data yang diperlukan. Meski terlilit sampah tali, penyu hijau dewasa yang memiliki panjang karapas 1 meter dan lebar 0,87 meter masih dalam kondisi sehat.

Petugas kemudian melakukan pelepasliaran penyu hijau dewasa ini di pantai sebelah Timur Pulau Jinato. Petugas menduga, penyu ini terlilit tali ketika dalam perjalanan menuju pantai untuk bertelur. Pada Muson Barat seperti saat ini, perairan maupun pesisir Pulau Jinato kerap kali mendapat sampah kiriman. Sampah tersebut hanyut terbawa ombak dan arus hingga tiba di Pulau Jinato. 

Sumber: Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini