Warga Danau Bingkuang Serahkan Kucing Hutan

Jumat, 14 Januari 2022

Pekanbaru, 14 Januari 2021 – Balai Besar KSDA Riau menjemput satwa anakan kucing hutan (Prionailurus bengalensis) yang diserahkan Elvira warga Danau Bingkuang, Senin (10/1). Elvira secara sukarela menyerahkan kucing hutan yang ditemukannya saat bersih – bersih di kebun sawit milik keluarganya, Sabtu (8/1).

Elvira sempat menunggu cukup lama, namun induk kucing hutan tidak muncul juga.  Akhirnya satwa dibawa pulang untuk diserahkan ke Balai Besar KSDA Riau karena tahu bahwa satwa tersebut adalah salah satu jenis satwa yang dilindungi.

Sebelum diserahterimakan, Tim melakukan pengamatan awal kondisi satwa. Satwa dalam keadaan sehat, terawat bersih, tidak ditemukan cacat atau pun luka luka dibagian tubuhnya, lincah dan sedikit jinak. Satwa kemudian segera dipindahkan ke kandang evakuasi untuk diangkut ke Pekanbaru agar dapat dilakukan observasi lebih lanjut.

Sebelum kembali Tim berkesempatan memberikan sosialisasi kepada warga Desa Danau Bingkuang untuk tidak memelihara satwa yang dilindungi tanpa ijin (tidak melalui Penangkaran/Lembaga Konservasi) serta selalu berkomunikasi dengan Balai Besar KSDA Riau terkait satwa yang dilindungi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

[Teks : DI, Foto : Tim admin BBKSDARIAU |012022]

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini