Balai KSDA Kalteng Pasang Perangkap Beruang Madu

Kamis, 13 Januari 2022

Pulau Pisang, 13 Januari 2022. Balai KSDA Kalimantan Tengah (BKSDA Kalteng) melakukan pemasangan kandang perangkap beruang madu (Helarctos malayanus) di sekitar pemukiman Desa Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis silam (6/1). Pemasangan kandang perangkap dilakukan karena Balai KSDA Kalteng telah menerima laporan dari warga bahwa terdapat 2 ekor beruang madu yang cukup meresahkan warga karena sempat menjebol pondok warga hingga 4 kali serta berada di sekitar ternak madu kelulut milik warga.

Setelah 5 hari terpasang, warga menginfokan kepada petugas Balai KSDA Kalteng bahwa beruang telah masuk dalam perangkap. Karena perilakunya yang masih liar maka beruang madu langsung ditranslokasi ke wilayah hutan penyangga yang berbatasan dengan Taman Nasional (TN) Sebangau. Kedepannya, BKSDA Kalteng akan berkoordinasi dan meminta warga untuk memantau aktivitas 1 ekor beruang madu yang masih tersisa dan akan dilakukan pemasangan perangkap kembali jika diperlukan. Semoga beruang yang telah ditranslokasi dapat berkembang biak di habitatnya, dan beruang yang masih tersisa dapat terpantau aktivitasnya.

Sebagai informasi, perangkap beruang madu ini merupakan hasil karya dari staf Balai KSDA Kalteng yang bertujuan untuk mempermudah penangkapan satwa beruang madu yang berkonflik dengan masyarakat. Ini merupakan kedua kalinya beruang madu dapat tertangkap perangkap ini.

Sumber : Agnes Indra Mahanani - PEH Balai KSDA Kalimantan Tengah

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini