Penanganan Konflik Satwa Liar Gajah Di Bahorok

Rabu, 12 Januari 2022

Tim gabungan menyisir lokasi gangguan gajah

Bahorok, 12 Januari 2022. Bermula diterimanya informasi dari Kepala Desa Batu Jongjong, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, tentang adanya gangguan satwa liar Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrae) di Dusun Sapo Padang Desa Batu Jongjong, pada Minggu 9 Januari 2022. Informasi ini kemudian ditindaklanjuti dengan turunnya Tim gabungan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Babinsa, lembaga mitra WCS, lembaga SAL dan Kepala Desa Batu Jongjong beserta perangkatnya, ke lokasi konflik, pada Senin 10 Januari 2022.

Di lokasi, tepatnya di Dusun Sapo Padang, Tim melakukan monitoring serta menyusuri tempat-tempat yang terdampak dari konflik dengan gajah tersebut, dan menemukan jejak serta feses gajah yang berserakan di beberapa tempat. Selain itu juga ditemukan beberapa pohon kelapa, pohon pisang dan tanaman aren yang ditumbangkan gajah. Tim terus melakukan penelusuran untuk memastikan posisi gajah dengan mengikuti jejaknya, namun tidak ditemukan lagi keberadaan satwa tersebut.

Penyerahan alat mitigasi kepada warga

Lokasi konflik merupakan dusun enclave yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Selanjutnya Tim memberikan penyuluhan kepada warga untuk berhati-hati serta waspada, dan apabila gajah tersebut kembali datang agar segera melapor kepada petugas. Tidak lupa juga Tim menyerahkan alat mitigasi berupa kembang api kepada warga untuk penanganan awal dan pengusiran bilamana gajah kembali ke dusun.

Sumber : Ainy Amelya, S.Hut. – Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini