Warga Serahkan Trenggiling Secara Sukarela ke Petugas BBTN Gunung Leuser

Selasa, 11 Januari 2022

Tapaktuan, 11 Januari 2021. Zulka Herman (50), warga asal Gampong Subarang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, menyerahkan seekor Trenggiling (Manis javanica) secara sukarela  kepada petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) pada Senin (10/1/2022). Penyerahan hewan lindung tersebut berlangsung hikmat dan berjalan lancar pada pukul, 11.30 WIB siang di desa setempat. Satwa liar yang gemar memakan semut ini diketahui berjenis kelamin betina dengan berat kurang lebih 3 Kg dan dalam kondisi sehat.

Zulka mengatakan, Trenggiling tersebut ditemukan masuk kedalam rumahnya minggu malam sekitar pukul, 22.15 WIB. Lanjutnya, " Hewan ini sengaja saya tangkap agar tidak ditemukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab ujarnya.

Polhut BBTNGL, Achmad Yaskur, S.H., mengatakan, sebelum dilepasliarkan kembali ke alam yaitu ke kawasan TN Gunung Leuser, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepala Resort Konservasi Wilayah 15 Tapaktuan, Wirli,  selaku perwakilan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh di wilayah Aceh Selatan.

"Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, mengapresiasi usaha masyarakat untuk penyelamatan satwa lindung dari ancaman kepunahan" tutupnya. (EW)

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini