BBKSDA Sumut Evakuasi Tuntong Laut dan 15 Butir Telur

Jumat, 31 Desember 2021

Tuntong Laut saat dievakuasi Tim

Selotong, 31 Desember 2021. Berawal dari patroli rutin Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan YSLI pada Rabu, 29 Desember 2021, di seputaran Beting Selotong, Kecamatan Secanggang, Kab. Langkat, guna memantau dan mengamati keberadaan satwa liar yang ada di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading dan Langkat Timur Laut.

Saat patroli tersebutlah, sekitar pukul 22.24 Wib, Tim menemukan 1 individu Tuntong Laut (Batagur borneoensis) indukan beserta dengan 15 butir telur berada di sebuah sarang. Tidak menunggu waktu lama Tim segera mengevakuasi satwa tersebut beserta telurnya, guna menghindari gangguan baik dari sesama satwa liar maupun oleh manusia. Kemudian telur diamankan dititipkan di kolam penetasan di kediaman/rumah seorang warga binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Rustam. Sedangkan terhadap tuntong laut Tim melakukan identifikasi morfologi, sebelum nantinya dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya di kawasan SM Karang Gading Langkat Timur Laut.

15 butir Telur tuntong laut diamankan di kolam penetasan

Patroli rutin akan terus dilakukan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara beserta dengan mitra guna menjaga dan melindungi kawasan konservasi beserta satwa liar yang ada dari kerusakan maupun upaya-upaya perburuan terhadap satwa termasuk di dalamnya tuntong laut beserta dengan telurnya, sehingga terhindar dari kepunahan.

Sumber : Ainy Amelya, S.Hut. - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini