Resort Kerumutan Selatan BBKSDA Riau lakukan Patroli Bersama Pengamanan Kawasan

Selasa, 28 Desember 2021

Pekanbaru, 28 Desember 2021 - Resort Kerumutan Selatan Balai Besar KSDA Riau melakukan patroli bersama di kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Kerumutan di sungai Mengkuang (24/12/2021). Kegiatan patroli diadakan bersama perwakilan pengurus Desa, Masyarakat Peduli Api, Linmas, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa Desa Kampung Pulau. Patroli dilakukan melalui jalur air menggunakan tiga perahu motor.

Dalam patroli tersebut, tim gabungan menemukan warga masyarakat membawa 4 lembar papan dengan menggunakan perahu. Menurut keterangannya, papan tersebut akan digunakan untuk lantai bagan (pondok) tempat mencari ikan di sungai Batang Rengat. Tim memberi peringatan dan pembinaan terhadap masyarakat tersebut agar tidak menebang kayu di dalam kawasan SM Kerumutan. Tim melanjutkan patroli ke hulu sungai Mengkuang dan menjumpai satu pondok kerja serta jalan ongkak yang diduga digunakan pelaku ilegal logging. Tim menyusuri jalan  tersebut dan menemukan 3 orang pelaku. Ketika Tim mendekat, para pelaku ilegal logging tersebut bergegas melarikan diri masuk ke dalam hutan.

Tim gabungan melakukan tindakan pemusnahan satu pondok kerja (Camp) dengan  dibakar secara terukur dan mengamankan barang temuan berupa satu unit Bar Chainsaw, piring, martil, satu unit telepon genggam, satu buah tas yang berisi alat pencungkil kayu (locak)  serta satu unit senapan angin. Barang-barang bukti tersebut dituangkan dalam Berita Acara dan saat ini telah diamankan di Kantor Bidang KSDA Wilayah I Rengat.

 

#bersamakitabisa

#karenakonservasitakmungkinsendiri

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini