Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau Evakuasi Satwa Owa Ungko

Selasa, 28 Desember 2021

Pekanbaru, 28 Desember 2021 - Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau telah melakukan evakuasi seekor satwa Owa Ungko ( Hylobates Agilis ) dari Desa Sei Keranji, Kab. Kuantan Singingi (24/12/2021).

Tindakan evakuasi tersebut berawal dari laporan seorang warga yang menyampaikan keinginannya untuk menyerahkan seekor satwa Owa Ungko secara sukarela. Tim Rescue BBKSDA Riau segera berangkat menuju Desa Sei Keranji untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Sesampai di lokasi, tim berkoordinasi dengan warga pemilik satwa tersebut yang bernama Desri Aria. Ybs menceritakan perihal bagaimana hingga bisa memelihara satwa Owa Ungko tersebut. Bermula pada tahun 2007 ketika beliau mau menyadap karet di kebun, terdengar bunyi suara benda yang jatuh dari pepohonan karet dan kemudian bergegas mendekatinya. Beliau menemukan dua ekor bayi satwa Owa ungko (jantan dan betina) yang masih lemah. Satwa tersebut dibawanya ke rumah untuk di rawat. Setelah tiga minggu merawat satwa tersebut, salah satu Owa (jantan) mati. Hingga akhirnya sampai saat ini hanya Owa betina yang dipelihara menghuni pohon di belakang rumahnya.

Belum lama ini Bapak Desri baru mengetahui bahwa satwa tersebut merupakan salah satu satwa yang dilindungi sehingga berinisiatif untuk menyerahkan ke pihak Balai Besar KSDA Riau.

Dari hasil pemeriksaan tim, Satwa dalam keadaan sehat dan tidak ada ditemukan cacat atau pun luka pada bagian tubuhnya. Jenis satwa betina dengan kondisi sehat, lincah dan agresif. Umur satwa diperkirakan sekitar 14 tahun.

Tim kemudian memindahkan satwa dari batang pohon ke kandang evakuasi untuk dibawa ke kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau di Pekanbaru untuk di observasi sebelum dilakukan tindakan selanjutnya.

Pada kesempatan tersebut Tim menghimbau kepada masyarakat Desa Sei Keranji untuk tidak memelihara satwa yang dilindungi dan agar selalu berkomunikasi dengan Balai Besar KSDA Riau jika menemukan satwa dilindungi di nomor 081374742981.

#bersamakitabisa

#karenakonservasitakmungkinsendiri

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini