Evakuasi Buaya Muara di Desa Tanjung Lalak Utara CA Sei Lulan-Sei Bulan

Minggu, 26 Desember 2021

Kotabaru, 23 Desember 2021 – Kepala Resort Cagar Alam Sungai Lulan Sungai Bulan (CA SLSB) Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) Chairil Fahmi A.Md mendapat laporan warga Desa Tanjung Lalak Utara, Bapak Hamani bahwa ada kemunculan 1 ekor Buaya Muara (Crocodylus porosus) di pinggir pantai dekat pemukiman warga yang sudah di amankan oleh warga sekitar.

2-2021-12-25 at 17.42.19

Buaya Muara tersebut dievakuasi setelah Kepala Seksi Konservasi Wilayah 3 Batulicin Bapak Nikmat Hakim Pasaribu, SP, M.Sc menugaskan Kepala Resort CASLSB dan tim satgas yang terdiri dari Chairil Fahmi, Muhammad Tejar, Yofi Azhar, Arsi Badarudin, dan Agus Eko Supratmanto didampingi Camat Pulau Laut Kepulauan Bapak H. Syahriansyah. S.Sos dan juga warga sekitar untuk mengangkut buaya. Saat ini buaya tersebut dititip rawatkan di Lembaga Konservasi (LK) Jhonlin Lestari Batu Licin Tanah Bumbu.

3-2021-12-25 at 17.42.18

Menurut Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan Bapak Dr.Ir. Mahrus Aryadi M.Sc evakuasi satwa liar seperti buaya merupakan salah satu bentuk konservasi untuk menghindari potensi konflik satwa menyerang warga sekitar dan juga untuk mencari solusi terbaik bagi keberlangsungan satwa tersebut kedepannya. “Kami mengapresiasi laporan warga melalui call center 0812 4849 4950 maupun langsung ke Kepala Resort setempat untuk mencegah konflik satwa liar dan manusia,” pungkas Dr. Mahrus. (ryn)

Sumber : Chairil Fahmi, A.Md. - Kepala Resort CA Sungai Lulan Sungai Bulan Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini