Menteri LHK Resmikan Nama Anak Gajah Flying Squad TN Tesso Nilo

Jumat, 24 Desember 2021

Pekanbaru, 24 Desember 2021 - Tepat pukul 15.45 WIB, Rabu (22/12) ditandatangani peresmian nama anak gajah yang lahir dari induk Ria tanggal 2 Desember silam di Elephant Flying Squad Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ibu Siti Nurbaya. Penandatanganan dilakukan di kantor Balai Taman Nasional Tesso Nilo (Balai TNTN).

Anak gajah diberi nama Domang, diambil dari penggal nama Bujang Tan Domang yang dalam sastra masyarakat Petalangan (Pelalawan) Nyanyi Panjang Bujang Tan Domang. Prosa liris yang berisikan tombo dari suku Monti Raja (atau Sialang Kawan) di Desa Betung, Kecamatan Pengkalan Kuras, Kabupaten Kampar. Domang atau disebut juga Demang atau Penguasa mempunyai arti sebuah pengharapan.

Nama Domang diberikan oleh para seniman Riau, dengan harapan bayi gajah tersebut menjadi titik balik (penanda/simbol) terbitnya kembali kesadaran kolektif kita akan pentingnya menjaga semesta.

Keseluruhan acara turut disaksikan jajaran pejabat Kementerian LHK, Wakil Gubernur, Bupati Pelalawan, Ketua DPRD Kab. Pelalawan, Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan, Kepala Pengadilan Negeri Pelalawan, Waka Polres Pelalawan  beberapa pejabat lainnya dan para NGO.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

[Teks : DI, Foto : Tim admin BBKSDARIAU |122021]

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini