Efektivitas dan Peningkatan Fungsi CA Kelautku dengan Perjanjian Kerja Sama

Rabu, 22 Desember 2021

Banjarbaru, 21 Desember 2021 – Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pembangunan Strategis yang Tidak Dapat Dielakkan Berupa Pembangunan dan Pengoperasian Jaringan Transmisi SUTT 150 kV Batulicin-Tarjun dan Selaru-Sebuku di kawasan Cagar Alam Teluk Kelumpang, Selat laut, Selat Sebuku (CA KELAUTKU), Provinsi Kalimantan Selatan telah ditandatangani, Selasa (21/12). Penandatanganan dilakukan antara Balai KSDA Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur di Ruang Rapat Hotel Q Dafam. Ruang lingkup kerja sama meliputi Perlindungan dan pengamanan kawasan; Pemulihan ekosistem; Penguatan kelembagaan; dan Perencanaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan yang berlaku selama 10 (sepuluh) tahun terhitung sejak ditandatangani dokumen PKS.

Muhammad Ramadhansyah, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur dalam sambutannya mengatakan “Pembangunan (SUTT) ini akan menambah keandalan dan integrasi sistem kelistrikan khususnya di wilayah Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu. Adanya dukungan pemerintah daerah, mitra dan seluruh masyarakat, kami optimis pembangunan SUTT ini akan terlaksana dengan baik”. Selain itu juga beliau mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai KSDA Kalsel beserta jajaran yang secara cepat memayungi kegiatan ini melalui PKS.

“PKS ini merupakan implementasi Undang-Undang dan Peraturan terkait mengenai Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. PKS ini juga merupakan bentuk dukungan Balai KSDA Kalsel bagi PLN UIP Kalbagtim. Kami mengharapkan dengan adanya PKS ini dapat membantu meningkatkan efektivitas dan fungsi CA KELAUTKU menjadi lebih baik lagi.” kata Mahrus Aryadi, Kepala Balai KSDA Kalsel. “Selain itu juga, harapan kami dapat membawa berkah terutama bagi masyarakat.” tambahnya. 

3-IMG_1352

Acara ditutup dengan saling menyerahkan tanda mata berupa Plakat PLN dan Boneka Bekantan sebagai maskot BKSDA Kalsel. Hadir pada kesempatan ini Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, Kepala Sub Bag TU BKSDA Kalsel Suwandi, S.Hut., M.A, Kepala Seksi Konsevasi Wilayah III Batulicin yang diwakili oleh Arsi Badaruddin, Kepala Resort CA Selat Laut Yofi Azhar, Kepala Resort CA Teluk Kelumpang Achmad Nabawi,  Koordinator Kerja Sama Franscisca SJM, S.H dan staf terkait. Pihak PT PLN (Persero) dihadiri oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur Muhammad Ramadhansyah, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi Basuki Rahmat, Manajer UPP Kalbagtim Arie Nugraha Ardianto, dan staf terkait.(ryn)

Sumber : Francisca SJM, S.H., M.Ling - Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini