Balai TN Siberut Beri Akses HHBK dengan Kemitraan Konservasi

Selasa, 21 Desember 2021

Siberut Selatan, 18 Desember 2021. Tahapan proses kemitraan konservasi dengan pemberian akses kepada masyarakat untuk hasil hutan bukan kayu (HHBK) berupa rotan manau (Calamus manan) seluas 205 ha dituangkan Balai Taman Nasional (TN) Siberut dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS).

PKS Kemitraan Konservasi ini dilakukan dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Bebegen Sagulubbeg Jaya, Jumat (17/12) di kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah Maileppet Kec. Siberut Selatan. Dilanjutkan Penandatanganan PKS dengan KTH Riu-riu Ake di kantor Balai TN Siberut di Padang.

Kepala Balai TN Siberut, Lugi Hartanto menyampaikan bahwa PKS Kemitraan Konservasi ini berlangsung selama 5 tahun, untuk membangun kemandirian masyarakat, kesejahteraan masyarakat dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam pelestarian Taman Nasional. Siberut. Harapannya terjalin hubungan baik dengan masyarakat Mentawai dengan memberikan akses pemanfaatan HHBK rotan manau dalam rangka ikhtiar TN Siberut sebagai taman nasionalnya masyarakat.

Ujang Mail, tokoh masyarakat Sagulubbeg, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan TN Siberut kepada masyarakat Desa Sagulubbeg dan berharap kedua KTH dapat menjalankan amanah dan kepercayaan ini dengan baik serta bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat serta siap mendukung pengelolaan TN SIberut ke depan.

Tahapan PKS dimulai dari identifikasi potensi HHBK di zona tradisional, verifikasi potensi rotan manau, pembentukan dan pendampingan Kelompok Tani Hutan (KTH), permohonan kerjasama kepada Balai TN Siberut, hingga proses  mendapatkan persetujuan PKS Kemitraan Konservasi dari Direktur Jenderal KSDAE.

Keseluruhan proses penandatangananan PKS Kemitraan Konservasi dihadiri oleh Kepala Balai TN Siberut, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala SPTN Wilaya I, Kepala Resort lingkup SPTN Wilayah I, Ketua KTH Bebegen Sagulubbeg Jaya (Bpk Yoseph), Ketua KTH Riu-riu Ake (Bpk Martinus), tokoh masyarakat Sagulubbeg (Bpk Ujang Mail), Penyuluh Kehutanan, PEH, dan staf SPTN Wilayah I.

Sumber : Balai Taman Nasional Siberut

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini