Beriuq Peririq Pemole Rinjani"

Rabu, 15 Desember 2021

Sembalun, 15 Desember 2021. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani menginisiasi acara Sangkep Lokaq Rinjani di Kecamatan Sembalun, Desa Sembalun Bumbung dengan tema "Beriuq Peririq Pemole Rinjani". Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani terhadap Adat Istiadat Gumi Sasak dalam peranannya sebagai Penjaga Marwah Gunung Rinjani yang agung. 

Acara Sangkep Lokaq Rinjani dihadiri oleh perwakilan dari 16 Lokaq Adat di Lombok diantaranya Lokaq Sembalun, Lokaq Sajang, Lokaq Bilok Petung, Lokaq Torean, Lokaq Bayan, Senaru, Semokan, Gumantar, Salut, Lenek, Timbanuh, Aik Berik, Pengkoaq, Tete Batu dan Majelis Adat Sasak. Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Bapak Dedy Asriadi, S.Si, MP berharap  kedepan acara sangkep Lokaq Rinjani dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan untuk masyarakat  Rinjani yang beradat dan lestari.

Adapun hasil dari acara Lokaq rinjani ini antara lain Pembentukan Forum Lokaq Rinjani yang diketuai oleh L. Agus Fathurahman (MAS); Menginventarisasi nilai-nilai adat Rinjani dalam rangka merevitalisasi nilai luhur Ranjani; Menghidupkan komunikasi antar lokaq; Fasilitasi ritual adat lingkar rinjani; Mengkompilasi awig-awig sebagai bahan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat; Penyusunan buku tentang kebudayaan Rinjani, adat dan awig-awig, dan Pengukuhan Kepala Balai TNGR sebagai mangku Lokaq Rinjani.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini