Komisi IV DPR RI Mendukung Upaya Pelestarian Flora di Taman Nasional Gunung Merapi

Selasa, 14 Desember 2021

Sleman, 11 Desember 2021. Sebagai upaya melaksanakan fungsi pengawasan dalam bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Komisi IV DPR RI pada masa sidang 2021-2022 melakukan kunjungan kerja spesifik untuk mengetahui topik pengelolaan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Sabtu (11/12). Selain melihat pengelolaan kawasan melalui kegiatan kemitraan konservasi, pemberdayaan masyarakat,  bioprospeksi, pelestarian anggrek dan restorasi berbasis genetik, Komisi IV DPR RI juga menggali aspirasi masyarakat, khususnya di lingkup Kabupaten Sleman.

Kunjungan kerja diawali di kantor Balai TNGM dilanjutkan ke Forum Peduli Lingkungan (FPL) PALEM, Desa Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta. Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), Karyadi, S.Hut, M.I.L, menyampaikan bahwa hingga saat ini sudah ada tiga Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNGM dengan masyarakat, sedangkan tiga lainnya sedang dalam proses penandatangan PKS.  

“Di TNGM ada bioprospeksi, yaitu Clidemia hirta sebagai tumbuhan dengan tangkal radikal bebas tertinggi, kemudian ada Shellac Laccifer lacca sebagai zat anti kangker. Serta ada Sarangan (Castanopsis argentea) sebagai spesies yang dilindungi, spesies kunci dan tumbuhan inang anggrek juga.  Dalam upaya konservasi Sarangan ini, BTNGM juga bekerja sama dengan FPL PALEM melalui perbanyakan vegetatif dan generatif” pungkas Karyadi.

Berlanjut ke Forum Peduli Lingkungan (FPL) PALEM di Desa Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Drs I Made Urip, M.Si, ketua tim Komisi IV DPR, menyatakan dukungan terhadap pelestarian flora yang dilakukan oleh FPL PALEM, serta daerah lain yang melakukan pelestarian flora fauna, karena KLHK merupakan mitra dari Komisi IV.  Tim juga menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyajikan asrinya suasana pedesaan, dan segala keunikannya. Tak ketinggalan Dirjen KSDAE, Ir. Wiratno, M.Sc, mengucapkan terima kasih pada FPL PALEM serta BTNGM yang telah melakukan upaya konservasi anggrek serta tumbuhan lokal Merapi. 

“Untuk selanjutnya, dukungan ini diperkuat dengan upaya penerbitan surat izin penangkaran, sehingga mempermudah pihak FPL PALEM ke depannya” jelas Wiratno.

Dalam kesempatan ini hadir 13 orang anggota Komisi IV DPR RI, serta 7 orang tim kesekretariatan DPR.  Serta hadir Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ir Wiratno, M.Sc. beserta rombongan.  Hadir juga Wakil Bupati Sleman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan D.I Yogyakarta, serta para pimpinan Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK lingkup D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah. Serta Panewu Cangkringan Muspika Cangkringan dan Lurah Kepuharjo beserta jajarannya. ***

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini