Pengecekan GPS Collar Gajah Liar Di Sub Populasi Petapahan

Selasa, 07 Desember 2021

Pekanbaru, 7 Desember 2021 – Tim Balai Besar KSDA Riau dibantu gajah jinak melakukan pengecekan GPS Collar yang terpasang pada salah satu gajah liar di Sub Populasi Petapahan alias kelompok sebelas, Jumat (3/12). GPS Collar ini dipasang pada awal tahun 2020 dan diprediksi GPS Collar aktif dalam jangka waktu 2 tahun.

Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, ibu Fifin Arfiana Jogasara memimpin langsung didampingi Kepala Bidang Teknis, bapak M. Mahfud. Pengecekan ini memastikan keberadaan GPS Collar yang terpasang dalam kondisi baik dan tidak mengganggu kenyamanan dan kesejahteraan satwa.

Diawali dengan pemantauan posisi gajah 2 hari sebelumnya untuk memastikan keberadaan dan posisi pengecekan yang aman dan aksesnya lebih mudah. Dibantu dengan tiga ekor gajah jinak dari PLG Minas yaitu Bangkin, Yopi dan Indah. Akhirnya Tim dapat melakukannya pembiusan terhadap gajah liar pada  Pukul 16.00 WIB. Selanjutnya Tim melakukan pengecekan dan sekaligus pembetulan posisi GPS Collar untuk kenyamanan dan kesejahteraan satwa gajah tersebut.

GPS Collar ini sangat membantu dalam pemantauan keberadaan dan pergerakan kelompok gajah sehingga pencegahan konflik gajah bisa dilakukan secara dini. Semoga ke depannya konflik dapat direspon semakin cepat dan tepat.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini