Patroli dan Monitoring Tim SPTN Wilayah II Baserah

Senin, 06 Desember 2021

Baserah, 06 Desember 2021 – Tim Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah telah melakukan kegiatan patroli dan monitoring di areal kawasan yang dikelola (02/12/2021). Kegiatan pertama, Tim SPTN Wilayah II Baserah berkolaborasi dengan Divisi Fire & Safety RAPP sektor Baserah untuk melakukan monitoring pergerakan kelompok gajah liar yang pada minggu sebelumnya masuk kebun masyarakat di Desa Gunung Melintang, Desa Teratak Baru, dan Desa Sekijang. Saat kejadian tersebut telah dilakukan pengusiran/pengiringan oleh petugas SPTN Wilayah II Baserah dan masyarakat. Posisi terakhir kelompok gajah liar berada di areal reparian (green belt) dalam area Hutan Tanaman Industri (HTI) PT RAPP. Pada kegiatan monitoring gajah ini, tim gabungan tidak menjumpai keberadaan gajah, diduga telah masuk kembali ke dalam kawasan.

Kegiatan selanjutnya, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan, tim SPTN Wilayah II Baserah melakukan kegiatan patroli kebakaran hutan dan lahan di wilayah Resort Onangan Nilo. Tim yang terdiri dari Polhut, Penyuluh dan staf PPNPN secara persuasif mendatangi masyarakat yang tinggal di dalam untuk selalu menjaga kawasan hutan dari ancaman kebakaran hutan dan lahan. Selama kegiatan patroli, tim tidak menemukan adanya Firespot di sepanjang jalur patroli, dan cuaca selama kegiatan mendung dan berawan.

Di sela-sela kegiatan patroli, tim melakukan penanaman bibit tanaman lokal secara mandiri bersama dengan masyarakat yang ada di dalam kawasan TN Tesso Nilo. Penanaman ini dilakukan di sepanjang kanan kiri jalan menuju jembatan sungai Nilo Kuala Renangan. Adapun bibit tanaman lokal yang ditanam sebanyak 200 batang diantaranya jenis Gaharu, Cempedak hutan, Rambutan dan Matoa.

Dalam kegiatan patroli ini, tim juga menemukan adanya aktifitas alat berat di dalam kawasan. Alat berat ini terpantau sedang melakukan pembersihan lahan dimana lahan yg dikerjakan merupakan semak belukar yang sudah dikelilingi kebun masyarakat. Tim memberikan peringatan kepada operator untuk segera menghentikan pekerjaannya dan memerintahkan dalam 1×24 jam untuk segera keluar dari kawasan. Kegiatan monitoring gajah liar dan patroli berjalan dengan lancar dan terkendali. Patroli serupa masih akan dilaksanakan secara berkelanjutan untuk memantau aktifitas di dalam kawasan TN Tesso Nilo.

 

Sumber : Balai TN Tesso Nilo

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini