Monitoring Penyebaran Burung Famili Bucerotidae di CA Pulau Sempu

Sabtu, 04 Desember 2021

Malang, 3 Desember 2021. Guna mewujudkan Visi Pengelolaan Cagar Alam Pulau Sempu sebagai Laboratorium Alam Karst Pulau Kecil. Balai Besar KSDA Jawa Timur bersama dengan ProFauna Indonesia, melakukan kegiatan identifikasi dan penyebaran burung famili Bucerotidae di Kawasan Cagar Alam Pulau Sempu. Kegiatan survey ini, bertujuan untuk monitoring, pengambilan data potensi dan mengetahui penyebaran burung famili Bucerotidae di kawasan Cagar Alam Pulau Sempu serta dalam rangka membangun database keanekaragaman hayati khususnya jenis burung famili Bucerotidae. Hasil pengamatan di lapangan oleh petugas Resort Konservasi Wilayah 21 Pulau Sempu hingga tahun 2020 tercatat ada 111 jenis burung yang termasuk dalam 46 famili. Termasuk 2 jenis famili Bucerotidae, yang sudah terdokumentasikan yaitu Julang Emas (Rhyticeros undulates) dan Kangkareng Perut-Putih (Anthracoceros albirostris).

Burung Famili (Bucerotidae) merupakan jenis yang penting dalam rantai makanan di alam dan jumlahnya terbatas. Buah pohon Ficus atau pohon Ara merupakan pakan utama burung famili Bucerotidae, termasuk Rangkong badak. Bila dibanding burung lainnya, burung Rangkong dianggap jenis burung paling mampu dalam menebarkan biji Ficus/ Ara, karena daya jelajahnya yang tinggi. Kondisi kawasan Cagar Alam Pulau Sempu yang merupakan hutan tropis dataran rendah yang masih alami dan terjaga merupakan habitat yang sesuai bagi bururng-burung termasuk jenis burung famili Bucerotidae.

Kegiatan selama 5 hari dari tanggal 28 November - 2 Desember 2021, Tim survey dan monitoring berhasil mendata dan mengidentifikasi ada 3 (tiga) jenis famili Bucerotidae di kawasan Cagar Alam Pulau Sempu yaitu Kangkareng Perut-Putih (Anthracoceros albirostris), Julang Emas (Rhyticeros undulates) dan Rangkok badak (Buceros rhinoceros). Dalam kegiatan ini Julang emas dan Rangkok badak terlihat, terdengar suara dan kepakan sayap saat terbang, namun belum berhasil di dokummentasikan oleh Tim monitoring.

Kegiatan identifikasi dan penyebaran burung famili Bucerotidae di Cagar Alam Pulau Sempu, juga mengidentifikasi sumber-sumber pakan burung famili Bucerotidae diantaranya buah pohon Ficus.sp (ficus crassiramea, ficus benjamina, ficus altissima), buah pohon Gebang (Corypha utan) dan buah pohon Kepuh (Sterculia foetida). Sangat penting ada kegiatan lanjutan untuk mengetahui penyebaran sumber pakan dari jenis-jenis pohon tersebut di kawasan Cagar Alam Pulau Sempu. Dalam rangka pengelolaan dan memudahkan pengelola untuk monitoring dan mengetahui populasi famili Bucerotidae di kawasan Cagar Alam Pulau Sempu.

Sumber: Hari Purnomo – Polisi Kehutanan Madya Balai Besar KSDA Jawa Timur

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 1.5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini