Tim Mitigasi Konflik Satwa SPTN Wilayah II Baserah Lakukan Ronda Gajah Bersama Masyarakat

Selasa, 30 November 2021

Baserah, 30 November 2021 – Dalam upaya mencegah dan penanganan konflik satwa liar, tim mitigasi konflik Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah melakukan kegiatan Ronda Gajah di Desa Gunung Melintang bersama dengan masyarakat (24/11/2021). Ronda gajah dilaksanakan karena adanya laporan masyarakat mengenai keberadaan gajah liar yang berada di kebun masyarakat.

Dari keterangan masyarakat, diketahui posisi gajah berada di Hutan Tanaman Rakyat (HTR) Desa Teratak Baru. Daerah tersebut merupakan perbatasan Desa Gunung Melintang dengan Desa Teratak Baru. Menurut kesaksian masyarakat Desa Teratak Baru, Gajah terlihat berkelompok dengan jumlah lebih kurang sebanyak 15 ekor.

Kegiatan ronda gajah di Desa Gunung Melintang dilakukan oleh dua kelompok, 1 kelompok berjumlah 8 orang dan kelompok lainnya berjumlah 6 orang, sedangkan di Desa Teratak Baru ronda gajah dilakukan oleh 18 orang. Masyarakat yang melakukan patroli telah dibekali meriam-meriam rakitan yang akan digunakan untuk menghalau gajah.

Saat ini petugas dan masyarakat masih melakukan penjagaan/ronda di sekitar kebun sawit milik masyarakat. Masyarakat telah diedukasi tentang cara bagaimana menghalau dan menggiring gajah liar kembali masuk ke dalam kawasan dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat mencederai gajah liar yang masuk ke kebun milik masyarakat.

 

Sumber : Balai TN Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini