Ketatkan Penjagaan Kawasan, Tim Petugas Balai TN Tesso Nilo Lakukan Patroli Hutan Alam

Selasa, 30 November 2021

Lubuk Kembang Bunga, 30 November 2021 - Tim petugas Balai TN Tesso Nilo telah melakukan kegiatan patroli hutan alam di area camp restorasi Resort Air Hitam Bagan Limau Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I LKB tanggal 24 - 25 November 2021. Pada patroli hutan alam ini, tim melakukan penyusuran di dalam kawasan untuk memantau dan mencegah aktifitas-aktifitas di dalam hutan yang melanggar aturan.

Saat melakukan patroli, tim menemukan bukaan areal yang diduga akan digunakan sebagai lahan perkebunan oknum masyarakat. Pada lahan yang terbuka tersebut tim melakukan penanaman bibit tanaman kehidupan sebagai upaya rehabilitasi lahan.

Di lokasi yang berbeda pula, tim bertemu dengan oknum masyarakat yang mengelola hutan tanpa izin dan peruntukannya saat sedang membuat pondok di dalam kawasan. Dari hasil interogasi tim, yang bersangkutan mengaku bahwa hanya merupakan suruhan dari orang lain yang akan membuka lahan perkebunan. Tim pun memberi peringatan keras kepada yang bersangkutan untuk segera meninggalkan kawasan dan tidak melanjutkan aktifitas yang dilakukan. Tim memastikan oknum tersebut telah meninggalkan kawasan dengan melakukan iring-iringan langsung hingga keluar dari kawasan TN Tesso Nilo.

Patroli hutan alam secara berkelanjutan terus dilakukan oleh Balai TN Tesso Nilo untuk memberantas tindak pidana hutan di kawasan TN Tesso Nilo. Edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat juga akan terus diberikan untuk menanamkan pemahaman pentingnya melestarikan hutan dan tidak melakukan tindakan yang akan merusak kawasan.

 

Sumber : Balai TN Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini