Peningkatan Kapasitas Mitra Konservasi Kelompok Nelayan Tradisional Resort Sebangau Hulu

Jumat, 26 November 2021

Palangkaraya, 26 November 2021 - Balai Taman Nasional Sebangau melalui Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Palangkaraya, Resort Sebangau Hulu melaksanakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Mitra Konservasi bersama kelompok nelayan tradisional Kereng Permai, Sebangau Berkah dan Bakung Permai. Kelompok nelayan tradisional ini merupakan kelompok masyarakat binaan Balai TN Sebangau, anggotanya merupakan masyarakat di Kelurahan Kereng Bangkirai yang merupakan penyangga TN Sebangau. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23-24 November 2021, bertempat di kantor Resort Sebangau Hulu.

Untuk kegiatan kali ini, kelompok nelayan tradisional dilatih untuk membuat olahan hasil perikanan  berupa nugget. Bahan dasar yang digunakan adalah ikan Tapah (Wallagonia leerii) yang berasal dari sungai Sebangau. Kegiatan dipandu oleh Narasumber Nur Baiti dan Rusda Damayanti yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Palangkaraya. Pelatihan dibuka dengan pemaparan materi tentang potensi hasil perikanan di sepanjang sungai Sebangau, kemudian dilanjutkan dengan materi tentang teknologi hasil perikanan, pengawetan makanan, pengemasan dan food security.


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kelompok nelayan tradisional dalam pengelolaan hasil perikanan. Kelompok nelayan juga diharapkan mampu untuk membuat produk olahan hasil perikanan secara mandiri guna meningkatkan kesejahteraan perekonomian untuk mendukung kelestarian kawasan konservasi.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Lurah Kereng Bangkirai, Kepala SPTN Wilayah I Palangkaraya, Kepala Resort Sebangau Hulu dan Penyuluh Kehutanan. Selain itu, petugas dari Pusksesmas Kereng Bangkirai juga turut hadir bersama-sama menyampaikan sosialisasi tentang penyakit Malaria serta melakukan screening dengan cara mengambil sampel darah masing-masing anggota kelompok.

Dalam Rencana Strategis Ditjen KSDAE tahun 2020-2024, peningkatan  Kapasitas Mitra Konservasi ini merupakan bentuk sasaran program dalam meningkatkan ruang usaha bagi masyarakat di sekitar kawasan konservasi. Dengan demikian, keberadaan hutan, fungsi dan distribusi hutan yang berkeadilan serta berkelanjutan dapat terlaksana.

 

Sumber : Balai TN Sebangau (Evan, Anak Agung, Dyah, Rahmat)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini