Pembangunan Jaringan Listrik Di Kawasan TWA Holiday Resort Mulai Dikerjakan PLN

Senin, 08 November 2021

Pemasangan tiang listrik beton dan kabel oleh pekerja PLN

Torganda, 8 November 2021. Tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Nomor : PKS.3501/K.3/TU/PK/7/2021 dan Nomor : 0076.PJ/SDM.08.04/C08000000/2021 tanggal 26 Juli 2021 tentang Pembangunan Strategis Yang Tidak Dapat Dielakkan Berupa Pembangunan Jaringan Listrik Hantaran Udara Tegangan Rendah di Dusun Sumber Sari I dan Dusun Sumber Sari II Desa Torganda Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan di Taman Wisata Alam (TWA) Holiday Resort, mulai direalisasikan dengan pemasangan tiang listrik beton serta kabel oleh pekerja PLN.

Setidaknya itulah yang terlihat saat kunjungan Plt. Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Ir. Irzal Azhar, M.Si., di kawasan TWA Holiday Resort pada Kamis 4 November 2021. Kunjungan kerja ini didampingi Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, Gunawan Alza, S.Hut., Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang Darmawan, S.Hut., M.Sc. dan Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama Elvina Rosinta Dewi, S.Hut., M.I.L. 

Plt. Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara saat meninjau pemasangan tiang dan kabel

Dari informasi yang diperoleh, pemasangan tiang listrik beton ini sudah dimulai sejak tanggal 29 September 2021 yang lalu, dan dilanjutkan dengan pemasangan kabel yang menghubungkan tiang-tiang yang sudah terpancang. Beberapa trafo (gardu distribusi) terpantau juga sudah terpasang di beberapa tiang.

Pemasangan jaringan listrik di blok khusus kawasan TWA Holiday Resort yang secara administratif berada di Dusun Sumber Sari I dan Dusun Sumber Sari II Desa Torganda Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan, merupakan kegiatan yang tertuang dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) Tahun 2021-2022 yang rangkaiannya terdiri dari : pemasangan tiang listrik beton, pembangunan jaringan Hantaran Udara Tegangan Menengah ( HUTM) sepanjang 4,918 kms, pembangunan jaringan Hantaran Udara Tegangan Rendah (HUTR) sepanjang 3,148 kms dan pemasangan gardu distribusi (trafo).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, 26 Juli 2021

Sekedar untuk mengingatkan, dalam Perjanjian Kerja Sama disebutkan bahwa tujuan dari kerjasama tersebut adalah menjamin terwujudnya keutuhan, kelestarian dan manfaat kawasan TWA Holiday Resort serta meminimalkan dampak secara langsung maupun tidak langsung sebagai akibat kegiatan pembangunan jaringan listrik HUTM, gardu distribusi dan HUTR TWA Holiday Resort melalui peranserta para pihak.

Oleh karena itu pengawasan terhadap kegiatan pembangunan operasional dan pemeliharaan jaringan listrik harus betul-betul dilaksanakan, agar berjalan dengan optimal dan maksimal. Sehingga dengan terwujudnya pembangunan ini ekspektasinya kedepan, masyarakat mendapatkan manfaat dari pembangunan jaringan listrik, kawasan TWA Holiday Resort tetap terjaga dan terjamin keutuhan serta kelestariannya.

Sumber : Evansus Renandi Manalu - Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini