BBKSDA Riau Giring Gajah Liar Bersama Masyarakat

Minggu, 31 Oktober 2021

Pekanbaru, 31 Oktober 2021 - Resort Bukit Rimbang (Petai) dan Resort Bukit Baling (Muara Bio), Seksi Konservasi Wilayah I Balai Besar KSDA Riau melakukan mitigasi konflik satwa gajah sumatera di Desa Sigaruntang, Kec. Inuman, Kab. Kuansing pada hari Selasa s/d Jum'at , 26 - 29 Oktober 2021. Gajah saat ini telah digiring ke arah greenbelt PT. WJT untuk selanjutnya akan digiring ke hutan Taman Nasional Tesso Nilo.

Kronologis mitigasi konflik  berawal dari laporan masyarakat tentang adanya satwa gajah liar yang merusak perkebunan masyarakat di sekitar desa Pesikaian. Menurut informasi masyarakat Pesikaian, gajah liar menuju desa Sigaruntang, Kec. Inuman namun setelah ditelusuri satwa tersebut tidak ditemukan. Pencarian dilanjutkan keesokan harinya berkoordinasi dengan Kepala Desa Sigaruntang dengan informasi bahwa gajah liar sebelumnya berada di sekitar kebun sawit masyarakat yang telah dirusak (sekitar 30 btg).

Sampai pada akhirnya, Balai Besar KSDA Riau dan masyarakat menemukan keberadaan kawanan gajah berjumlah 3 (tiga) ekor yang terdiri dari 1 betina, 1 jantan, dan satu anaknya. Tim menemukannya dengan berjalan kaki setelah mengikuti jejak gajah liar yang baru keluar dari perkebunan masyarakat, tepatnya di perkebunan karet. Kemudian kawanan gajah digiring ke areal greenbelt PT. WJT sebanyak dua kali karena gajah liar sempat kembali lagi ke kebun warga.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini