Penyelamatan Tapir Yang Terjerat Di Minas, Kabupaten Siak

Jumat, 29 Oktober 2021

Pekanbaru, 29 Oktober 2021 - Balai Besar KSDA Riau melakukan penyelamatan Tapir (Tapirus indicus) yang terjerat di Minas, Kabupaten Siak, Kamis (28/10). Tapir mengalami dua luka akibat jerat yang cukup parah dan telah dievakuasi ke Pekanbaru untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih lanjut.  

Penyelamatan tapir berhasil dilakukan berawal dari laporan yang diterima Bidang KSDA Wilayah II pada Kamis siang (28/10). Dari laporan tersebut, dilakukan penelusuran untuk mencari keberadaan tapir melalui tanda jejak. Akhirnya tapir ditemukan dalam kondisi lemas dan terbaring di kebun sawit masyarakat. Berdasarkan keterangan dari warga, tapir pertama kali terlihat oleh pekerja sawit sedang terbaring di bawah pokok sawit, kebun masyarakat.

Dari hasil tindakan, penanganan awal dan identifikasi terhadap satwa bahwa tapir yang ditemukan berjenis kelamin betina dewasa dan terdapat dua luka akibat jerat. Di kaki bagian kiri depan (telapak kaki sudah putus akibat jerat dan hampir sembuh lukanya), sedang kaki kiri bagian belakang, baru terkena jerat. Berdasarkan pengamatan luar, tali jerat sudah putus tetapi daging dikaki sudah habis dan tinggal tulang.

STOP JERAT!!! STOP KEJAHATAN TERHADAP SATWA!!

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini