Resort Bukit Rimbang Mitigasi Konflik Gajah Liar

Senin, 25 Oktober 2021

Pekanbaru, 26 Oktober 2021 - Tim Resort  Bukit Rimbang (Petai) Balai Besar KSDA Riau melakukan kegiatan mitigasi konflik gajah liar di desa Inuman, Kab. Kuantan Singingi pada tanggal 22 – 24 Oktober 2021.

Agar gajah liar keluar dari tempat persembunyiannya, Tim berkoordinasi dengan Kades Koto Inuman dan masyarakat untuk melakukan penggiringan bersama dan menghentikan aktivitas membunyikan meriam spirtus di berbagai sudut agar Gajah tidak bingung sehingga dapat keluar dari lokasi tersebut. Tim kembali melakukan penelusuran posisi gajah liar, namun satwa tidak di temukan. Berhubung menjelang malam, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Tim menghentikan kegiatannya dan meminta agar pihak Desa menginformasikan bila Gajah kembali muncul di areal kebun masyarakat.

Sebelumnya Tim telah melakukan koordinasi awal dengan karyawan PT. WJT sektor Cerenti untuk mengetahui posisi terakhir gajah liar namun jumlah gajah tidak diketahui. Selanjutnya, koordinasi juga dilakukan dengan Kades Sigaruntang yang menyampaikan bahwa gajah liar berjumlah tiga ekor dan masih berada di areal lokasi kebun masyarakat Desa Sigaruntang. Setelah ditelusuri, tim mendapat info kembali bahwa gajah sudah mengarah ke jalan PT. WJT lama, Desa Koto Inuman, Kec. Inuman. Petugas dan sejumlah masyarakat yang sedang berjaga di kebun kemudian menembakan meriam spirtus di setiap sudut pada tempat gajah liar bersembunyi untuk membuat gajah terjebak di tengah kebun dan kesulitan untuk berpindah dari lokasi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini