Ditemukan Tengah Sakit, Satu Ekor Gajah Liar TN Tesso Nilo Diberi Penanganan Medis

Minggu, 24 Oktober 2021

Pondok Kompeh, 23 Oktober 2021 – Satu ekor gajah sumatera liar yang tengah sakit berhasil diberikan penanganan dan pengobatan oleh petugas dari tim Bidang Wilayah I Rengat Balai Besar KSDA Riau dan Flying Squad Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Sabtu (23/10). Gajah liar diketahui berjenis kelamin betina, umurnya sekitar 30 tahun dengan berat badan sekitar 2.017 kg

Gajah liar tersebut ditembak bius oleh tim medis dengan jarak tembak sekitar 20 Meter dari tempat gajah berada. Kondisi gajah liar saat ditemukan tampak kurus, nafsu makan berkurang, dan terindikasi mengalami gangguan pada saluran pencernaan terlihat dari pakan yang dimuntahkannya. Pemeriksaan fisik juga menunjukkan gajah mengalami gejala radang/pembengkakan dan mempunyai luka terbuka pada bagian labia minor/mayoe (organ reproduksi luar) dimana sudah terjadi myasis (adanya larva/ulat). Tim medis mengobati dengan  pemberian cairan infus, vitamin, antibiotik, serta pembersihan luka dan pemberian obat topikal pada daerah tubuh yang terluka. Untuk mengetahui kondisi secara umum, sample darah gajah liar juga telah dikirim ke laboratorium dan saat ini keberadaan dan kondisi gajah liar tetap dipantau intensif oleh tim medis.

Penanganan dapat dilakukan dengan cepat karena peran masyarakat yang aktif dan berkoordinasi dengan petugas. Koordinasi dan komunikasi merupakan hal yang sangat penting karena membantu petugas dalam melaksanakan pengelolaan kawasan. Petugas juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar dan melaporkan kepada petugas jika ada kejadian-kejadian yang harus diberi penanganan.

Aksi penanganan gajar liar sakit berawal dari laporan masyarakat  pondok kompeh  yang melihat satu ekor gajah berada di sekitar kebun warga. Tim flying squad TN Tesso Nilo kemudian turun ke lokasi dan melihat satu ekor gajah liar dalam kondisi sakit, kemudian segera berkoordinasi dengan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) dan Kepala Balai TNTN.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini