Patroli Karhutla BKSDA Yogyakarta Bersama Balai PPI dan Karhutla Jabalnur

Minggu, 23 Juli 2017

Yogyakarta(22/7/2017). Balai KSDA Yogyakarta bersama dengan Balai PPI dan Karhutla Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara melakukan kegiatan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerja Balai KSDA Yogyakarta pada tanggal 18 - 22 Juli 2017. Kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo. Rangkaian kegiatan patrol pencegahan diawalai melalui koordinasi dengan Kepala Desa dan Muspika setempat .

Patroli dimulai dari kantor desa menuju lahan masyarakat di sekitar kawasan hingga ke dalam kawasan. Kepada masyarakat yang dijumpai di lokasi patroli, personel pelaksana memberikan penyuluhan/ sosialisasi tentang bahay kebakaran hutan dan lahan. Untuk titik-titik yang rawan terjadi kebakaran, dilakukan pencatatan titik koordinat lokasi.

Dalam pelaksanaan patroli ini, juga dilakukan uji remas seresah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kerawaan kebakarannya.

Hasil patrol menunjukkan kawasan berada pada kondisi yang relative aman dari ancaman karhutla dengan tidak ditemukannya hotspot, dan tidak terjadinya karhutla. Untuk melengkapi informasi  pencegahan karhutla, dilakukan pencatatan terhadap sumber air yang dijumpai.

Langkah antisipasi  pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerja Balai KSDA Yogyakarta akan ditindak lanjuti dengan Kegiatan Pertemuan Aparat Tingkat Desa yang akan dilaksanakan di hotel Neo Yogyakarta pada tanggal 25 Juli 2017, dengan peserta yang terdiri dari unsur MUSPIKA setempat di 3 (tiga) kabupaten dan Kepala Resort Unit Pelaksana Teknis  Kementerian  Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Provinsi Yogyakarta.

Sumber : Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini