Balai Besar KSDA Sumatera Utara Tingkatkan Kapasitas 4 Kelompok Tani Hutan

Jumat, 15 Oktober 2021

Kelompok Tani belajar budidaya lebah madu

Padangsidimpuan, 15 Oktober 2021. Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH), khususnya yang berada di desa sekitar kawasan konservasi, menjadi perhatian khusus Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk diberdayakan. Seperti yang dilakukan Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, pada Kamis 14 Oktober 2021 kemarin, dengan melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani Desa Sekitar Kawasan Konservasi, bertempat di kantor Bidang KSDA Wilayah III di Padangsidimpuan.

Kegiatan ini diikuti 16 orang peserta perwakilan dari 4 (empat) kelompok tani binaan Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, masing-masing : KTH Lestari dari Desa Labuhan Rasoki Kota Padangsidimpuan, KTH Saroha Desa Morang Kabupaten Padang Lawas Utara, Kelompok Tani (KT) P3A Bersama Desa Situmba Julu Kabupaten Tapanuli Selatan dan KT Lubuk Raya Desa Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatan. Keempatnya merupakan KTH yang berada di sekitar kawasan Suaka Margasatwa Barumun, Cagar Alam Dolok Sibual-buali dan Suaka Alam Lubuk Raya.

Peningkatan kapasitas ini dilakukan dengan membekali peserta berbagai pengetahuan  berkaitan dengan Budidaya Jamur Tiram dari narasumber Eka Kurniawan (pelaku usaha budidaya jamur tiram dari Sumatera Barat), pembuatan Bokasi/Pupuk Kompos oleh narasumber Aurora Damayanti (pengajar dari SMK Kehutanan Pekanbaru) dan Budidaya Lebah Madu dari narasumber Zulkarnain Hasibuan (pelaku usaha budidaya lebah madu di Kota Padangsidimpuan).

Usai pembekalan, peserta juga melakukan studi/kunjungan  lapangan ke lokasi budidaya lebah madu yang dikelola oleh KTH Lebah Bukit Merah miliknya Zulkarnain Hasibuan. Dengan pembekalan ini, nantinya diharapkan peserta yang mengikuti peningkatan kapasitas ini dapat menerapkan dan mengembangkannya di kelompok masing-masing, sehingga memberi manfaat dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Disamping itu, Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan akan tetap mengawasi serta mendampingi KTH ini agar berhasil sesuai dengan yang diharapkan.

            Foto bersama usai studi/kunjungan  lapangan ke KTH Lebah Bukit Merah

Sumber : Evansus Renandi Manalu, Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini