Tanam Mangrove Untuk Lestarikan Danau Maninjau

Rabu, 29 September 2021

Padang, 29 September 2021. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) mendampingi Ibu Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan Dan Kehutanan, Kemenko Marves dalam kunjungan kerja terkait Penyelamatan Danau Maninjau pada tanggal 25-26 September 2021. Ibu Deputi juga melakukan penanaman mangrove di lokasi Rehabilitasi Mangrove Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam di Danau Maninjau dan melihat langsung kondisi Keramba Jaring Apung (KJA) yang selama ini sering terjadi bencana kematian ikan masal.
 
Kawasan Danau Maninjau dikelilingi Cagar Alam (CA)  Maninjau seluas 21.890 ha, terdiri dari 2 Kabupaten, Agam dan Padang Pariaman. Satwa prioritas yang ada harimau sumatera, owa, raflesia dan tapir. Untuk kawasan CA Maninjau yang berhadapan langsung dengan Danau, atau Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Maninjau tidak terjadi perambahan dan kondisi hutannya sangat baik. Namun dibalik punggungan Danau Maninjau kondisi CA Maninjau telah terjadi perambahan yang sudah berlangsung lama dikarenakan adanya tumpang tindih tanah ulayat/ Nagari.
 
Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai KSDA Sumbar meminta untuk fasilitasi Pemkab dan Pemrov untuk penyelesaian konflik tenurial ini, selain itu diharapkan kegiatan dalam penyelamatan danau prioritas nasional tersebut juga memasukan kegiatan perlindungan dan pengamanan terhadap kawasan hulu Danau Maninjau yakni Cagar Alam Maninjau.
 
Sebagai informasi, selain melakukan kunjungan Ibu Deputi bersama Bapak Gubernur Sumbar dan Bupati Agam melakukan rapat kerja meliputi implementasi Perpres No. 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional (PDPN), serta kemajuan beberapa kegiatan diantaranya telah terbitnya Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat No. 50/745-1021 tanggal 22 September 2021 tentang Pembentukan Tim PDPN Provinsi Sumbar, Persetujuan Subtansi RTRW Kabupaten Agam oleh Kementerian ATR tanggal 24 September 2021.
 
Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini