Temu Rimbawan : Direktur Jenderal KSDAE dengan Civitas Akademika Fahutan UNHAS

Rabu, 10 Juli 2024 BBKSDA Sulawesi Selatan

Makassar, 8 Juli 2024 - Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut., M.Agr.Sc. hadir memberikan kuliah umum bertajuk "Tantangan dan Peluang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem di Indonesia" di Ruang Senat Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Kuliah umum ini dihadiri oleh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan, Kepala Balai Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung, Dekan Fakultas Kehutanan, Guru Besar dan Dosen Fakultas Kehutanan UNHAS, Pejabat Struktural dan mahasiswa/i Fakultas Kehutanan UNHAS. 

Di awal sambutan, Prof. Satyawan Pudyatmoko menyampaikan apresiasi kepada UNHAS atas dedikasinya dalam bidang konservasi. Beliau juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan UNHAS terhadap UPT KSDAE di Provinsi Sulawesi Selatan.

Selanjutnya Prof. Satyawan memaparkan tentang sejarah panjang konservasi di Indonesia, mulai dari masa penjajahan Belanda hingga saat ini. Beliau juga menjelaskan tentang berbagai tantangan yang dihadapi dalam upaya konservasi, seperti perambahan hutan, perburuan liar, dan perdagangan ilegal satwa liar.

Salah satu poin yang penting adalah perlunya penguatan payung hukum untuk mendukung upaya konservasi. Beliau juga menekankan pentingnya kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk akademisi, masyarakat lokal, dan dunia usaha, untuk mencapai tujuan konservasi yang berkelanjutan.


Guru Besar Fakultas Kehutanan UNHAS yang hadir, seperti Prof. Oka dan Prof Amran juga menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama yang terjalin antara UNHAS dan KSDAE. Prof  Oka mengungkapkan harapannya agar kerjasama ini dapat terus ditingkatkan di masa depan.

Sedangkan Prof. Amranmenambahkan menambahkan bahwa perlu perhatian khusus terhadap kawasan Pegunungan Bawakaraeng. Beliau mengatakan bahwa kawasan tersebut perlu dilindungi dari perambahan hutan dan eksploitasi berlebihan.

Kuliah umum diakhiri dengan sesi tanya jawab yang antusias dari para peserta. Para peserta antusias untuk mendapatkan informasi aktual tentang berbagai isu terkait konservasi. Kuliah umum ini selain menjadi forum ilmiah sekaligus menjadi ajang silaturahmi Direktur Jenderal KSDAE dengan rimbawan Fakultas Kehutanan UNHAS dan secara tidak langsung dapat meningkatkan kesadaran public tentang pentingnya konservasi sumber daya alam dan ekosistem serta mendorong kerja sama yang lebih erat antara UNHAS dan KSDAE dalam upaya pelestarian alam Indonesia.

Sumber: Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan (SIARAN PERS Nomor : SP.22/K.8/TU/Humas/07/2024)

Call Center BBKSDA Sulsel: 08114600883


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini