Aplikasi Smart Patrol : Teknologi Pendukung Upaya Konservasi Sumber Daya Alam

Rabu, 10 Juli 2024 BBKSDA Sulawesi Selatan

Luwu Utara, 5 Juli 2024 – Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan (BBKSDA Sulsel) menyelenggarakan Workshop Smart Patrol dari tanggal 3 - 5 Juli 2024 di Hotel Elegant Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Selain untuk meningkatkan kemampuan petugas lapangan dalam penggunaan aplikasi SMART Patrol, kegiatan juga untuk mendukung implementasi RBM (Resort Base Management). Seperti kita ketahui bahwa wilayah kerja resort merupakan garda terdepan dalam pengelolaan kawasan konservasi, berhadapan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dan ekosistem sekitarnya. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi langkah maju dalam upaya konservasi sumber daya alam di Sulawesi Selatan, dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi patroli lapangan.

Workshop ini diikuti oleh perwakilan dari berbagai organisasi, termasuk satuan kerja Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, Fakultas Kehutanan Universitas Andi Djemma, Perkumpulan Wallacea, dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Sulawesi Selatan.

Pembekalan disampaikan oleh Narasumber Iskandar, S.Hut., M.I.L., Kepala Bidang Wilayah I Palopo BBKSDA Sulsel dengan materi pemantauan penegakan hukum; Yogi Satriyo Wibowo dari Fauna & Flora Internasional Indonesia yang membawakan materi tentang pengenalan aplikasi SMART; dan Dwiyanto dari Fauna & Flora Internasional Indonesia yang menyampaikan materi penggunaan aplikasi SMART Desktop. Materi dilanjutkan dengan simulasi dan presentasi desain patroli menggunakan SMART Patrol yang dilakukan oleh peserta.

Dalam keterangannya, Kepala Bidang Wilayah I Palopo, menyatakan, “Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan temuan lapangan oleh petugas melalui penggunaan aplikasi SMART Patrol.” 


Smart Patrol sendiri merupakan aplikasi yang dipergunakan untuk mengelola database yang terintegrasi untuk mendukung kegiatan petugas di lapangan, dan sistem ini terhubung dengan smartphone (SMART Mobile) yang memungkinkan efektifitas pengolahan data hasil kegiatan. Penerapan aplikasi SMART Patrol dalam pelaksanaaan kegiatan di lapangan, selain untuk mempermudah pemetaan potensi sumber daya alam, juga dapat mempercepat aliran data perlindungan dan pengamanan hutan, khususnya di area-area yang rentan terhadap aktivitas ilegal seperti pembalakan liar, perburuan liar, dan perambahan hutan. Selain itu, data yang terkumpul melalui aplikasi SMART Patrol dimungkinkan dilanjutkan dengan analisis mendalam untuk mengidentifikasi pola-pola pelanggaran dan area-area yang rentan. 

Dengan bantuan alat pemantauan berbasis digital ini, diharapkan pengelolaan data dan informasi kawasan dapat menjadi lebih efektif dan efisien sehingga kawasan konservasi dapat terkelola dengan baik. Hal ini sangat penting dalam strategi konservasi sumber daya alam di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Luwu Utara.

Sumber: Balai Besar BKSDA Sulawesi Selatan (SIARAN PERS Nomor : SP. 20/K.8/TU/Humas/07/2024)

Call Center BBKSDA Sulsel: 08114600883

 


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini