Road to HKAN : Memperkenalkan Lutung Jawa ke Masyarakat Lereng Timur Merapi

Senin, 10 Juli 2023 BTN Gunung Merapi

Klaten, 7 Juli 2023 - Keberadaan Lutung Jawa (Trachypitecus auratus) di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merapi menjadi sebuah perhatian tersendiri, karena jenis ini merupakan jenis yang dilindungi, berdasarkan Undang-undang. Lutung Jawa ini lebih mudah ditemui di lereng timur Gunung Merapi. Mengingat pentingnya jenis satwa liar ini, maka perlu dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan.  

Sehingga pada hari Jumat, 7 Juli 2023, di Posko Pendakian Sapuangin, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, dilaksanakan sosialisasi satwa dilindungi Merapi.  

Dalam kesempatan ini, disampaikan tentang metode pengamatan, perilaku dan home range Lutung Jawa, serta potensi pengamatan Lutung Jawa. Dalam kesempatan ini, hadir perwakilan masyarakat sekitar kawasan konservasi, yaitu Dusun Gumuk, Dusun Gobumi serta Dusun Sapuangin. Selama sehari, masyarakat menyimak dengan seksama semua pengetahuan yang disampaikan oleh narasumber. Selain itu, hadir juga para anggota Kelompok Pengamat, Peneliti dan Pemerhati (KP3) Primata Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada  (UGM) Yogyakarta. 

Pengetahuan yang disampaikan sangat menarik, diantaranya tentang metode pengamatan, perilaku dan home range Lutung Jawa, yang disampaikan oleh Dr.rer.silv. Sandy Nurvianto, S.Hut., M.Sc. dan Ida Purnama Fitriyanti, S.Hut, dari Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta. Juga disampaikan oleh Sidiq Harjanto, tentang pengamatan Lutung Jawa dapat menjadi atraksi wisata khusus berbasis masyarakat, dengan pengalaman kongkret di Petungkriyono, Pekalongan. 

Dalam kesempatan terpisah, Muhammad Wahyudi, Kepala Balai TNGM, menyampaikan, ilmu yang kita peroleh hari ini, menjadi bekal pelaksanaan monitoring yang akan dilaksanakan dalam bulan Juli 2023 ini. Selain itu, dengan semakin sering diinformasikan tentang potensi keanekaragaman hayati, maka diharapkan menimbulkan minat melaksanakan penelitian di Kemalang tersebut, pungkas Wahyudi.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan Road to HKAN 2023. Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023 dengan tema "Hapungkal Himba Karingu atau Jiwa Yang Damai Dalam Harmoni Hutan Belantara". uncak HKAN akan dilaksanakan di TWA Bukit Tangkiling Provinsi Kalimantan Tengah.


Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini