Memberdayakan Masyarakat Di Lereng Argopuro

Jumat, 24 Maret 2023

Situbondo, 21 Maret 2023. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA Jatim) melakukan pembentukan kelompok konservasi binaan di Desa Tamankursi, kecamatan Sumbermalang, Situbondo. Kelompok yang bernama  Kelompok Konservasi Tamankursi Bangkit beranggotakan 20 orang masyarakat desa setempat yang didampingi seorang calon Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM).

Kegiatan yang tepatnya dilakukan di Balai Desa Tamankursi, turut dihadiri Kepala Bidang KSDA Wilayah III Jember, Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Probolinggo,  Kepala Desa Tamankursi, PKSM, dan anggota kelompok konservasi yang dibentuk. Selain pembentukan kelompok binaan, kegiatan juga diisi dengan penandatanganan Nota Kesepahamam antara BBKSDA Jatim dan Desa Tamankursi, penyusunan AD/ART kelompok, penyusunan Rencana Kerja, serta penyusunan proposal kegiatan.

Desa Tamankursi merupakan salah satu desa penyangga dari kawasan konservasi Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang. Kawasan yang memiliki luas 14.177 Ha ini merupakan rumah bagi berbagai dari jenis satwa liar dan terkenal memiliki keindahan savana-savananya. Kawasan yang lebih dikenal dengan Gunung Argopuro ini merupakan trek terpanjang pendakian di Pulau Jawa.

Berbeda dengan desa penyangga lainnya, desa Tamankursi memiliki jalan yang sempit dan terjal, sehingga untuk menjangkaunya tim lebih memilih kendaraan roda 2. Melihat antusias anggota kelompok yang tetap semangat mengikuti kegiatan hingga akhir, semoga menjadi modal bagi kelompok untuk bertahan dan berhasil meningkatkan taraf hidup anggotanya dengan usaha pengolahan kopi dan pemasarannya.

Sumber : Wiwin Sepiastini, S.Hut., Pengendali Ekosistem Hutan Madya di Seksi Konservasi Wilayah VI - Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini