Bangun SInergitas, BBKSDA Sumut Koordinasi Dengan Polsek Purba

Senin, 09 Januari 2023

Kepala Resort CA. Martelu Purba dan CA. Batu Gajah berkoordinasi dengan Kapolsek Purba

Purba, 9 Januari 2023. Awal tahun baru 2023 menjadi resolusi untuk meningkatkan sinergitas dengan pihak-pihak terkait, dalam upaya membangun konservasi alam. Setidaknya itulah yang menjadi pemikiran dan alasan Kepala Resort Cagar Alam (CA) Martelu Purba dan CA Batu Gajah, Alharis Ruhidi, SP., M.Si. melakukan kunjungan serta koordinasi dengan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Purba, Kabupaten Simalungun Ajun Komisaris Polisi (AKP) Marollop Sinaga pada Jumat 6 Januari 2023.

Pertemuan yang penuh dengan keakraban membahas tentang perlunya pemberdayaan kelompok Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dalam rangka perlindungan hutan tahun 2023. Sebagaimana diketahui bahwa keberadaan  MMP merupakan mitra kerja dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Saat ini terdaftar ada sebanyak 8 orang MMP di wilayah kerja Resort CA Martelu Purba sebagaimana tertuang dalam  Surat Keputusan  Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara No. SK. 1997/K.3/BKW II/KPA/8/2022, tanggal 12 Agustus 2022.

Keberadaan MMP selama ini  berperan positif dalam mendukung pengelolaan kawasan, antara lain sebagai penghubung dengan masyarakat sekitar kawasan mengingat mereka adalah warga sekitar kawasan, melakukan patroli bersama petugas, serta membantu sosialisasi konservasi sumber daya alam dan ekosistem kepada masyarakat.

Usai menerima penjelasan Kepala Resort CA Martelu Purba dan CA Batu Gajah, Kapolsek Purba mengapresiasi kinerja dari MMP binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dan menyampaikan dukungan pemberdayaan MMP. Kapolsek menyarankan agar MMP mendahulukan tindakan persuasif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Polsek siap untuk memback up MMP. Selain itu Kapolsek juga menyarankan agar penyuluhan tentang kawasan hutan kepada masyarakat terus dilakukan mengingat ada beberapa kasus Surat Keterangan tanah (SKT) di dalam kawasan hutan.

Kepala Resort CA Martelu Purba dan CA Batu Gajah serta Kapolsek Purba sepakat untuk terus membina komunikasi dan koordinasi dalam upaya membangun kolaborasi dibidang konservasi alam.

Sumber : Alharis Ruhidi, SP., M.Si. – Kepala Resort CA. Martelu Purba dan CA. Batu Gajah, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Alharis Ruhidi
Kemitraan bersama kelompok MMP akan terus digalang khususnya dalam meningkatkan kinerja pengelolaan kawasan dibidang perlindungan hutan
Alharis Ruhidi
Kemitraan bersama kelompok MMP akan terus digalang khususnya dalam meningkatkan kinerja pengelolaan kawasan dibidang perlindungan hutan