Fenomena Berburu Ciput Keris di Pantai Kuala Besar

Selasa, 03 Januari 2023

Ibu-ibu pemburu Ciput Keris memperlihatkan ciput keris

Kuala Besar, 3 Januari 2023. Di akhir bulan Desember 2022, ratusan orang yang didominasi oleh ibu-ibu memenuhi pinggiran pantai Kuala Besar untuk mencari yang mereka sebut buah laut, yaitu Ciput Keris, sejenis kerang. Fenomena di akhir tahun sampai nantinya di awal bulan Maret ini, menjadi ladang untuk mencari rezeki. Warga betah menunggu berlama-lama menantikan munculnya ciput keris tersebut. Biasanya kerang yang bersembunyi di dalam pasir di pinggir pantai, akan memberikan tanda keberadaannya dengan menyemburkan air dari dalam pasir, lalu oleh warga segera mengorek/mengais pasir untuk mendapatkan ciput keris tersebut.

Seorang ibu saat ditanya berapa keuntungan yang didapat bila berhasil mengumpulkan ciput keris tersebut, menjawabnya bahwa setiap 1 kilogram ciput keris dihargai sebesar Rp. 115.000,- oleh pihak penampung/pedagang. Keuntungan ini tentunya sangat menjanjikan. Itulah sebabnya pinggiran pantai dipenuhi oleh warga yang sampai ratusan orang. Si ibu yang diwawancarai juga menyatakan usaha yang dilakoninya tersebut sangat membantu bagi perekonomian keluarga dan mendukung pekerjaan suami sebagai nelayan.

Kehadiran ciput keris ini tidak terlepas juga dari terjaganya keutuhan kelestarian kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading Langkat Timur Laut, mengingat pantai Kuala Besar merupakan pinggiran kawasan SM. Karang Gading Langkat Timur Laut. Oleh karena itu, dalam momen fenomena berburu ciput keris ini, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort SM. Karang Gading Langkat Timur Laut I di Karang Gading, pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, tidak lupa mengingatkan warga untuk ikut menjaga kelestarian kawasan agar tetap memberi manfaat secara berkesinambungan. Karena antara ciput keris dengan kawasan konservasi saling membutuhkan, sehingga bila kawasan konservasi rusak akan berdampak berkurangnya populasi ciput keris.

Sumber : Rahmadi – Polhut Penyelia dan Kepala Resort SM. Karang Gading Langkat Timur Laut I, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.7

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini