Wujud Dukungan Korporasi Untuk Konservasi TN Kutai

Rabu, 14 September 2022

Malang, 13 September 2022. Balai Taman Nasional (TN) Kutai dan anggota mitra Balai TN Kutai menyelenggarakan Rapat Tahunan Mitra TN Kutai dan Penandatanganan Komitmen Kontribusi Mitra Tahun 2022/2023. Dalam kesempatan tersebut juga disusun Rencana Kerja Mitra TN Kutai Tahun 2022/2023 secara bersama-sama baik yang bersumber dari komitmen in cash maupun in kind seluruh anggota perusahaan. Mitra Balai TN Kutai yang didirikan sejak tahun 1995 merupakan model kerjasama di bidang konservasi sumber daya alam dan ekosistem (KSDAE) yang tertua dan terpanjang usianya yaitu telah berusia 28 tahun. Saat ini mitra Balai TN Kutai beranggotakan 13 perusahaan sekitar Taman Nasional yaitu PT. Pupuk Kaltim, PT. Badak NGL, PT. Indominco Mandiri, PT.  Pertamina EP Sangatta, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Kaltim Methanol Industri, PT. Kaltim Parna Industri, PT. Kaltim Nitrate Indonesia, PT. Surya Hutani Jaya, PT. Pama Persada Nusantara Site Indominco, PT. Pama Persada Nusantara Sangatta, PT. Pertamina Gas,  PT. Kideco Jaya Agung.

Laporan tahunan Mitra TN Kutai periode tahun 2021/2022 disampaikan dengan realisasi anggaran sebesar 72 % atau sebesar Rp 423.252.934 dan total kontribusi in kind di tahun 2021/2022 seluruh anggota mitra sebesar Rp. 2.292.490.100,- Selain penyusunan program dan penandatanganan komitmen,  dalam kesempatan ini juga telah dipilih Ketua Organizing Comitte (OC) yang baru yakni PT. Kaltim Parna Industri.

Kepala Balai TN Kutai, Persada Agussetia Sitepu tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kontribusi mitra Balai TN Kutai selama ini dan kepada Ketua OC sebelumnya Hasto Pranowo dari PT. Indominco Mandiri atas tenaga, waktu, pemikiran dan kepemimpinannya. Selamat kepada Ketua OC yang baru, semoga Mitra Balai TN Kutai dapat lebih optimal memberikan manfaat bagi pengelolaan Taman Nasional Kutai untuk masyarakat dan perusahaan.

Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi yang diwakili Bapak Jati juga menyampaikan bahwa Mitra Balai TN Kutai merupakan role model kerjasama di Kementerian LHK dan telah mendapatkan apresiasi tertinggi dalam hal kerjasama yakni dari Menteri LHK pada tahun 2019. Ditjen KSDAE juga terus memberikan suntikan semangat untuk terus berkontribusi dan peduli terhadap konservasi. Jati menyampaikan bahwa Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi (RenKK)  selalu membuka diri bagi perusahaan anggota Mitra Balai TN Kutai untuk berkonsultasi terkait kerjasama di bidang konservasi.

Proud to be a friend. Bangga menjadi teman, demikian semboyan anggota mitra Balai TN Kutai. Semoga komitmen untuk menjadi teman semakin meningkatkan dukungan untuk Balai TN Kutai dalam upaya konservasi TN Kutai, secara khusus dalam menjaga kelestarian dan mencegah terjadinya gangguan kawasan. Bukan hanya bantuan berupa dana,  besarnya jumlah SDM yang bernaung di bawah bendera perusahaan anggota Mitra Balai TN Kutai merupakan komunitas yang potensial menjadi agen konservasi, khususnya dalam mengkampanyekan konservasi TN Kutai. Bersama kita  dukung  upaya konservasi. 


Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini