Wakil Rakyat Dukung Peningkatan Ekonomi Kelompok Tani

Senin, 12 September 2022

Anggota Komisi IV DPR RI Drs. Djarot Saiful Hidayat, M.S. hadir di acara  Bimtek/Sosialisasi Kegiatan Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Sekitar Kawasan Konservasi

Stabat, 9 September 2022. Balai Besar KSDA Sumatera Utara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk kelompok tani dan kelompok sadar wisata di sekitar kawasan konservasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Kamis (8/9) di aula Kantor Bupati Langkat, di Stabat.

Bimtek semakin berkesan karena dibuka oleh anggota Komisi IV DPR RI, bapak Drs. Djarot Saiful Hidayat, MS. Beliau juga memberikan arahan serta bimbingan kepada semua peserta. Dalam arahannya, Djarot menyampaikan semua stakeholder harus saling bahu membahu dan berkolaborasi untuk mensejahterakan masyarakat termasuk Kabupaten Langkat yang memiliki potensi yang sangat potensial dan beragam mulai dari jasa wisata di hutan hingga agroforestry dan silvofishery di pantai/mangrove. Tidak lupa Djarot juga mengapresiasi upaya peningkatan ekonomi produktif yang telah dilakukan Balai Besar KSDA Sumatera Utara selama ini.

Bimbingan dan arahan Komisi IV DPR RI, Djarot Saiful Hidayat

Pengembangan usaha ekonomi produktif sangat membantu untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar kawasan konservasi agar lebih berdaya dan sejahtera.  Kelompok penerima dukungan sebanyak 13 kelompok, yang berasal dari Kabupaten Langkat sebanyak 4 kelompok, Kabupaten Deli Serdang 2 kelompok, Kabupaten Phakpak Barat  2 kelompok, Kabupaten Dairi 2 kelompok dan Kabupaten Simalungun 4 kelompok. Jumlah masyarakat yang menjadi sasaran sebanyak 412 orang dengan bentuk pengembangan usaha ekonomi produktif disesuaikan dengan kebutuhan kelompok mulai dari dukungan budidaya lebah madu, alat-alat/mesin pertanian, bibit ikan untuk silvofishery dan bibit tanaman.

Bupati Langkat berterimakasih atas dukungan Komisi IV DPR RI, khususnya dari Bapak Djarot Saiful Hidayat serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pengembangan pariwisata dan pembangunan lainnya di Langkat, termasuk peningkatan kesejahteraan kelompok tani. Harapannya kedepan, semoga berbagai upaya yang dilakukan berguna bagi masyarakat demi terwujudnya Hutan Lesatri Masyarakat Sejahtera.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara didampingi anggota Komisi IV DPR RI memberi penjelasan kepada awak media usai bimbingan teknis

Hadir pada acara tersebut Plt. Bupati Langkat, H. Syah Afandin, S.H, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dr, Meriahta Sitepu, MARS, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Langkat Ralin Sinulingga, SE, Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Amril S.Sos, MAP, Kepala Kejaksaan Negeri Langkat M. Abeto Harahap SH MH, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Rudianto Saragih Napitu, S.Si, M.Si, dan Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Dr. U. Mamat Rahmat, S.Hut, M.P.

Sumber : Ainy Amelya Utami, S.Hut. – Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini