Si Asam Bermanfaat Medis dari TN Komodo

Jumat, 09 September 2022

Labuan Bajo, 15 Agustus 2022. Salah satu kelompok masyarakat dari Kampung Komodo berhasil mengumpulkan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) berupa  puluhan  karung  buah  asam  jawa  (Tamarindus indica) di  Lembah  Sok  Pure  yang merupakan bagian dari wilayah kerja Resort Loh Wenci-Sape Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo. Kegiatan panen buah asam ini berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 6 - 8 Agustus 2022.

Buah asam ini juga dipercaya memiliki berbagai manfaat medis yaitu bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, kesehatan gigi, mencegah diabetes dan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan buah asam jawa mengandung kandungan serat seperti flavonoid dan polifenol yang dapat meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan.

Taman Nasional Komodo memiliki beragam jenis HHBK, diantaranya madu hutan, buah Srikaya (Anonna squamosa), dan buah Asam Jawa (Tamarindus indica). Madu hutan dapat dipanen sepanjang tahun di alam, buah srikaya pada Bulan Maret, dan buah asam jawa dipanen antara Bulan Juli – Agustus setiap tahunnya. Lembah Sok Pure sendiri merupakan lembah yang banyak terdapat tumbuhan asam jawa (Tamarindus squamosa). Lembah ini merupakan habitat asli dari satwa kunci Taman Nasional Komodo yakni Biawak Komodo (Varanus komodoensis) dan Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea occidentalis). Selain sebagai salah satu pakan dari Kakatua Kecil Jambul Kuning, masyarakat juga biasa memanfaatkan buah asam jawa sebagai tambahan bahan masakan.

Masyarakat Kampung Komodo melapor ke Resort Loh Wenci-Sape sebelum melakukan pengumpulan HHBK di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Setidaknya sebanyak enam orang anggota kelompok masyarakat pengumpul asam jawa yang beraktivitas di Resort Loh Wenci – Sape. Kelompok ini diketuai oleh Pak Mana yang seringkali mengumpulkan HHBK di wilayah resort lain dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Adapun petugas Resort Loh Wenci – Sape yang menerima laporan masyarakat tersebut adalah Banu Widyanarko (Kepala Resort Loh Wenci-Sape), Asry dan Sudarman (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Wenci – Sape) yang turut memberikan arahan serta pendampingan kepada masyarakat selama kegiatan pemanenan buah asam dilakukan. Petugas Resort Loh Wenci – Sape menyampaikan agar masyarakat melakukan pengumpulan HHBK dengan hati-hati dan lestari.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Polisi Kehutanan Ahli Pertama - Banu Widyanarko, S.Si. (+628569891069)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+62811-382-90000)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini