Survei Aves di Wilayah Muarasoma TN Batang Gadis

Jumat, 26 Agustus 2022

Panyabungan, 26 Agustus 2022. Balai Taman Nasional Batang Gadis melalui personil Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Muarasoma melaksanakan survei aves di kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus sampai dengan 22 Agustus 2022. Survei ini dilakukan untuk mengetahui jenis aves beserta kelimpahan, keanekaragaman dan keberagamannya.

Untuk mengetahui dan menghitung jenis-jenis Aves yang ada di jalur Survei, dilakukan langkah metode transek, pengamat menelusuri jalur hutan yang tersedia dan mengamati setiap Aves yang ada, baik secara langsung maupun tidak langsung (suara, kotoran, bulu). Aves yang terdeteksi kemudian dicatat jenis dan dihitung jumlahnya pada Tally sheet yang tersedia.

Dari survei ini ditemukan total 15 jenis aves dan 1 jenis termasuk aves yang dilindungi yaitu Alap-alap capung (Microhierax fringillarius)  dan 1 jenis termasuk aves Endemik Sumatera yaitu Cucak Mutiara (Picnonotus tympanistrigus ). Seluruh aves yang ditemukan memiliki status IUCN yang berbeda. Sebanyak 14 jenis berstatus Least Concern (LC) dan sebanyak 1 jenis berstatus Near Threatened (NT).

Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) menjadi salah satu dari 228 daerah penting bagi Aves dan keanekaragaman hayati di Indonesia yang menyimpan ekosistem relatif utuh dan terjaga untuk kehidupan Aves. Sebanyak 278 jenis Aves tercatat di kawasan taman nasional yang terletak di Kabupaten Mandailing Natal ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 56 jenis diantaranya merupakan jenis yang dilindungi, sebanyak 16 jenis merupakan Aves endemik di pulau Sumatera, dan 19 jenis merupakan Aves migran yang dapat ditemui pada musim tertentu (umumnya pada saat musim dingin di wilayah sub tropis).

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini