Mengenal Api Dan Eksistensi Ekosistem Savanna Tropis TN Tambora

Jumat, 26 Agustus 2022

Bima, 26 Agustus 2022. Api, terkadang di identikan dengan panas, kehancuran dan kerusakan. Siapa yang tidak kaget dengan kebakaran hutan? bahkan negara tetangga bisa dibuat kalang kabut akibat kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Indonesia. Api dan kebakaran hutan memang tidak dapat dipisahkan dan kerugiannya tidak dapat dipungkiri lagi. Semua orang sepakat bahwa kebakaran hutan sangat merugikan untuk kehidupan manusia. Lalu bagaimana jika api dan kebakaran juga berperan penting dalam ekositem tertentu?

Savanna tropis, padang rumput di wilayah tropis yang tidak lepas dari faktor api atau kebakaran hutan. Bersama iklim dan kondisi tanah, kebakaran berperan penting dalam menjaga eksistensi savana. Dimana dengan adanya kebakaran hutan savanna akan tetap ditumbuhi rumput dan mengurangi jumlah pohon dan pembentukan hutan atau semak belukar.

Api khususnya adalah gangguan alam yang terkenal di sabana di seluruh dunia. Ini telah membentuk dan memelihara struktur dan fungsi komunitas rawan kebakaran (Bond dan Keeley 2005) dan terkait erat dengan transisi vegetasi hutan tropis-sabana (Oliveras dan Malhi 2016). Kematian pohon lebih tinggi di hutan daripada di sabana, bahkan dengan kebakaran dengan intensitas rendah, fakta yang sebagian dijelaskan oleh kulit pohon yang lebih tipis pada hutan tropis (Hoffmann et al.2009).

Namun apakah hanya itu? Api kebakaran juga dapat merestock biomassa dan rumput baru untuk grazing satwa liar. Dengan adanya kebakaran hutan maka rumput-rumput baru akan tumbuh dan menjadi sumber makanan mereka. Namun jika tidak terjadi kebakaran maka rumput akan terus tumbuh dan menumpuk, selain menyulitkan pergerakan satwa sumber pakan akan menipis. hal ini dapat diperparah jika savanna sudah berubah menjadi semak belukar, maka rumput pakan akan berkurang drastis.

Jika demikian apakah kebakaran akan dibiarkan begitu saja? tentu saja tidak. Kebakaran yang menguntungkan tentu adalah yang dapat dikendalikan oleh kita. Kebakaran terkendali akan membatasi wilayah yang terbakar yaitu padang savanna saja, namun jika tidak terkendali, maka kebakaran akan meluas hingga wiayah hutan yang sudah terbentuk, dan tentu hal tersebut akan merusak ekosistem hutan yang sudah ada.

Savanna dan api memang tidak dapat dipisahkan dan akan selalu berdampingan, jika api mengecil maka pohon akan terus bertambah dan savanna akan tergantikan semak belukar dan hutan. Meski terkesan sangat menghancurkan, api dapat menjadi salah satu faktor yang membuat savanna dapat terus eksis dan menyediakan pakan untuk satwa pemamah biak. Namun api itu harus dapat dikendalikan, sehingga kerugian yang ditimbulkan tidak melampaui keuntungan yang diperoleh. Dengan terkendalinya api, manfaat dapat diperoleh tanpa mengorbankan hutan yang sudah terbentuk.

Sumber : Samsul Maarif, S.Hut. - PEH SPTN II PEKAT, Balai Taman Nasional Tambora

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini