Sambangi Sekolah Dasar di Hari Orangutan Sedunia

Senin, 22 Agustus 2022

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan mengedukasi siswa-siswi dan guru-guru SD Bulumario perlunya melestarikan Orangutan di habitatnya

Bulumario, 22 Agustus 2022. Hari Orangutan Sedunia, yang biasa diperingati setiap tanggal 19 Agustus setiap tahunnya, kembali dirayakan tahun ini. Peringatan  Hari Orangutan Sedunia dimaksudkan untuk membantu mendorong masyarakat dalam mengambil tindakan guna melestarikan spesies yang menakjubkan ini (worldorangutanevents.org.).

Orangutan di Indonesia memiliki tiga spesies, yakni Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis). Berdasarkan daftar merah (redlist) IUCN, ketiga spesies ini berstatus kritis (Critically endangered/CR). Oleh karena itu perlu berbagai upaya untuk menyelamatkan satwa liar ini, dan salah satu diantaranya adalah melalui edukasi dan awarness (penyadaran), khususnya kepada generasi muda.

Pemikiran inilah yang kemudian melatar belakangi diadakannya kegiatan Sosialisasi dan Edukasi memperingati hari Orangutan Sedunia  oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Scorpion Indonesia, bertempat di SD Bulumario 101238, pada Sabtu 20 Agustus 2022. Sekolah ini berdekatan dengan wilayah kerja Resort Cagar Alam (CA) Sibual-buali pada Seksi Konservasi Wiilayah V Sipirok.

Kegiatan yang diikuti 50 orang pelajar kelas V dan kelas VI SD serta 6 orang guru pendamping, mendapat respon yang positif, mengingat informasi tentang orangutan selama ini sangat langka diperoleh. Dengan pencerahan yang disampaikan oleh narasumber melalui metode pemaparan, diskusi, games dan lomba mewarnai gambar orangutan, membuat suasana belajar menjadi interaktif dan menyenangkan.

Pelajar antusias mengikuti lomba mewarnai gambar orangutan

Melihat antusiasnya generasi muda ini dalam mengenal dan memahami arti penting penyelamatan orangutan, menjadi pertimbangan untuk mengagendakan kegiatan yang sama di waktu-waktu yang akan datang dengan peserta yang lebih banyak lagi. Sehingga sedini mungkin akan tumbuh kepedulian generasi muda terhadap upaya pelestarian satwa langka ini.

Sumber : Gunawan Alza, S.Hut.-Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini