Penanganan Konflik Gajah Sumatera di Desa Kemang Bersama Mitra dan Masyarakat

Selasa, 02 Agustus 2022

Pekanbaru, 2 Agustus 2022 - Tim Balai Besar KSDA Riau bersama Yayasan Taman Tesso Nilo (YTNTN), BPBD Pelalawan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat melakukan mitigasi konflik gajah liar di Desa Kemang, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari yakni pada tanggal 27-28 juli 2022.

Tim melakukan koordinasi dengan pihak Desa Kemang dan pihak terkait untuk selanjutnya bersama melakukan pengecekan tempat posisi gajah terakhir terlihat. Gajah ditemukan sedang beristirahat di bawah tower sutet dan terlihat berjumlah 3 ekor.

Tim bersama warga melakukan briefing untuk strategi penggiringan gajah agar mengarah  ke jalur awal datangnya gajah tersebut. Namun, pada pukul 22:30 WIB, tim kehilangan jejak di sebuah kebun dan hingga pukul 24.00 WIB tetap belum menemukan gajah dimaksud. Akhirnya tim memutuskan untuk beristirahat dan akan melanjutkan keesokan harinya.

Keesokan paginya, Tim melanjutkan pencarian dan berhasil menemukan gajah di belakang Pabrik PT. Langgam Inti Hibrindo (LIH). Tim kembali melakukan penggiringan sampai pukul 22:30 WIB malam namun gajah tersebut tetap kembali dan berputar-putar di sekitar area semak belukar di belakang pabrik PT. LIH.

Posisi terakhir gajah masih di belakang PT. LIH yang merupakan jalur awal masuknya gajah ke desa Kemang. Tim gabungan bersama-sama melakukan penggiringan tanpa putus asa. Semoga konflik antara manusia dan satwa liar terutama Gajah Sumatera segera menemukan solusinya.

 

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini