Menuju SOP Perlindungan Satwa Liar

Rabu, 03 Agustus 2022

Bogor, 2 Agustus 2022. Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi menghadiri Rapat Penyusunan SOP (Standar Operasional Prosedur) Perlindungan Satwa Liar Di dalam dan Di luar Kawasan Hutan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 di Hotel Santika Bogor secara Daring dan Luring. Beberapa catatan penting dan saran masukan dari peserta rapat pembahasan diantaranya bahwa SOP disusun dalam bentuk teknis, bertujuan untuk menginternalisasi kontribusi para pihak terhadap perlindungan satwa liar dari ancaman penjeratan dan perburuan. Diharapkan dengan tersusunnya SOP perlindungan satwa liar dari ancaman penjeratan dan perburuan, kelestarian dan pengawetan satwa liar yang dilindungi makin meningkat ke depannya.

Rapat ini diselenggarakan oleh Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik untuk mendapatkan informasi dan penyamaan persepsi dalam Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Perlindungan Satwa Liar di Dalam dan di Luar Kawasan Hutan. Rapat tersebut diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: Ins.I/MenLHK/ Setjen/Kum.1/6/2022 tentang Perlindungan Satwa Liar Atas Ancaman Penjeratan dan Perburuan Liar di Dalam dan di luar Kawasan Hutan.

Pertemuan dibuka oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik, dan dipimpin oleh Kepala Subdit Pengawetan Species dan Genetik, dengan peserta yang hadir Kepala Balai KSDA Bengkulu, Kepala Bidang Teknis Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango, perwakilan Sekretariat Ditjen KSDAE, perwakilan Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi (Mugiharto HP, S.Hut. MSi), Perwakilan Balai TN Gunung Halimun Salak, Agus Supriyanto SH, M.Hum, N. Yanang Lima, S.H, M.Hum dan NGO.

Sumber : Mugiharto - Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini