Mitigasi Konflik Gajah Liar Sumatera di Dusun Sungai Pagar

Selasa, 02 Agustus 2022

Pekanbaru, 2 Agustus 2022 - Tim Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I melakukan kegiatan mitigasi konflik satwa liar gajah sumatera di Dusun Sungai Pagar, Kelurahan Kampar, Kabupaten Kampar (26-28 Juli 2022).

Tim menuju ke dusun Sungai Pagar, Kelurahan Kampar untuk berkoordinasi dengan warga. Bersama warga Tim menuju lokasi konflik menggunakan mobil dan dilanjutkan menyusuri sungai menggunakan pompong.

Tim memastikan jejak terakhir gajah sudah menyebrang sungai ke arah Desa Rantau Kasih. Selanjutnya, Tim dan warga memutuskan melakukan blokade di pinggiran sungai Kampar kiri agar gajah tidak masuk kebun warga hingga pagi hari.

Untuk memastikan keberadaan gajah, tim SKW I menuju Desa Rantau Kasih. Menurut kesaksian seorang warga, saat itu ia sedang menjaga ladang yang lokasinya berdekatan dengan hutan. Sekitar subuh pukul 05.00 WIB , rombongan gajah tampak terlihat yang berjumlah sekitar 20 sampai 25 ekor.

Penjaga menghubungi warga Desa Rantau Kasih lainnya untuk bersama menggiring gajah liar, namun hingga malam hari tidak ada warga Rantau Kasih yang datang. Tim akhirnya kembali ke Desa Sungai Pagar dan kembali melakukan blokade di pinggiran sungai Kampar hingga dini hari.

Keesokan harinya, Tim memberikan edukasi kepada warga tentang cara menghalau kawanan gajah liar dan meminta warga tidak anarkis terhadap satwa yang dilindungi tersebut. Tim berpesan apabila ada gangguan gajah kembali, agar segera berkoordinasi dengan Balai Besar KSDA Riau.

Setelah memastikan gajah tidak kembali dan kondisi dirasa cukup aman, Tim meninggalkan Dusun Sungai Pagar dan kembali ke Pekanbaru.

 

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini