Aksi Patroli Pengamanan dan Pembersihan Areal Camping Ground Kawasan TWA Buluh Cina

Selasa, 02 Agustus 2022

Pekanbaru, 1 Agustus 2022 - Tim Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I bersama masyarakat melakukan kegiatan patroli pengamanan kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina. Kegiatan patroli ini dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 26-27 Juli 2022.

Kegiatan dipimpin langsung Kepala SKW I, Bapak Sugito yang turun menggunakan perahu mesin menyusuri hilir sungai Kampar menuju Danau Pinang Luar dan Danau Pinang Dalam. Setelah itu Tim melanjutkan patroli dengan berjalan kaki menuju lahan bekas bukaan yg diklaim milik H. Agus (Taratak Buluh).

Di lokasi tersebut Tim menemukan adanya akses jalan yang dibuat menggunakan alat berat dan aktivitas penanaman bibit sawit serta sebuah pondok kerja. Tim memberikan peringatan kepada masyarakat yang melakukan aktivitas perkebunan agar tidak melanjutkan pekerjaannya dan melakukan pemusnahan pondok yang berada di dalam kawasan TWA Buluh Cina dengan dibakar secara aman dan terukur (lokasi basah dan tidak ada tanaman kering). Tim juga melakukan pemusnahan bibit sawit dengan cara dicincang.

Tim melanjutkan patroli menggunakan perahu mesin menyusuri hulu sungai Kampar, dari pinggir sungai Tim melihat adanya bukaan baru serta 2 orang masyarakat Buluh Cina yang mengaku melakukan pembukaan lahan dan penanaman bibit sawit. Keterangan pelaku, lahan tersebut sudah dikerjakan selama seminggu secara manual dan rencana akan ditanami bibit sawit yang berjumlah ± 50 bibit. Tim melakukan penyitaan bibit sawit dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang ditemui di dalam kawasan agar tidak melakukan penanaman dan beraktifitas di kawasan tersebut. Tim meminta pelaku menandatangani surat pernyataan dan apabila melanggar akan dikenai sanksi sesuai peraturan perundang undangan.

Di sela kegiatan patroli, tim bersama masyarakat juga menyempatkan melakukan kegiatan pembersihan areal Camping Ground TWA Buluh Cina. Kegiatan gotong royong ini difokuskan untuk menjaga kebersihan dan kerapian areal Camping Ground. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan pengunjung di TWA Buluh Cina serta perencanaan pengembangan wisata alam di kawasan konservasi tersebut.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini